Efek Samping Diet Air Kelapa

Efek Samping Diet Air Kelapa

Air kelapa bukan hanya bisa dijadikan sebagai bahan baku minuman segar, tapi air kelapa bisa juga dipercaya mampu menyembuhkan beberapa keluhan penyakit misalnya alergi, demam berdarah, diare, serta membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus. Alasannya karena air kelapa mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, asam amino, enzim, mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan dan seng. Meski banyak manfaat, air kelapa tidak selamanya memberikan manfaat bagi kesehatan. Terdapat juga Efek Samping Diet Air Kelapa bila dikonsumsi terlalu banyak. Yuk disimak ulasannya di bawah ini .

1. Meningkatkan kalori

Gerakan senam untuk menurunkan berat badan berfungsi untuk menghilangkan kalori serta lemak yang ada pada tubuh. Akan menjadi sangat percuma jika setelah melakukan gerakan senam tersebut di suplai kembali dengan kalori yang tinggi. Air kelapa alami dipercaya memiliki kandungan kalori dan kadar gula yang rendah, sehingga bukan masalah untuk dikonsumsi selepas melakukan olahraga.

Yang menimbulkan efek samping diet air kelapa adalah air kelapa yang telah diproduksi oleh pabrik, atau air kelapa instan. Karena pabrik biasanya akan menambahkan rasa atau produk tertentu yang akan menambahkan kadar sesuai bahan yang dimasukkan. Sehingga air kelapa instant yang masuk daftar menu sehat untuk diet harus di backlist jika terlalu sering dikonsumsi karena akan menimbulkan efek samping diet air kelapa.

2. Mengandung diuretik alami

Efek diet air kelapa yakni mengakibatkan seseorang bolak-balik ke kamar mandi. Hal ini terjadi karena air kelapa mengandung diuretik alami. Dimana diuretik adalah obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin, naiknya laju urinasi akan mengharuskan seseorang rajin mengunjungi kamar mandi. Meski efek diet air kelapa yang satu ini baik untuk tubuh karena mengeluarkan kotoran melalui urin, akan tetapi bolak-balik kamar mandi juga akan menyiksa dan menghambat kegiatan.

3. Ketidakseimbangan elektrolit

Salah satu jenis buah yang menjadi pantangan diet golongan darah AB yang satu ini bisa menimbulkan efek diet air kelapa dengan tidak seimbangnya elektrolit dalam tubuh. Salah satu alasan air kelapa digunakan sebagai minuman sehat untuk diet karena air kelapa diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi. Meski begitu, penggunaan air kelapa yang tidak sesuai pada suhu tubuh tertentu akan menyebabkan seseorang merasa lemas, lelah dan dalam bisa saja berakibat fatal hingga menyebabkan pingsan.

4. Pencahar alami

Jika beberapa buah untuk diet memiliki kandungan serat yang mampu melancarkan pencernaan sehingga bisa membuat rutin pengeluarannya, air kelapa juga termasuk dalam salah satu kategori tersebut. Akan tetapi, efek diet air kelapa akan menyebabkan pencahar alami jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena air kelapa berfungsi untuk obat pencahar yang menginstruksi gerakan usus dengan melunakkan tinja sehingga memudahkan dalam proses buang air besar.

5. Meningkatkan kadar gula darah

Seperti yang disebutkan pada poin pertama bahwasanya efek samping diet air kelapa instant yang dibuat oleh pabrik mampu meningkatkan pasokan kalori dan menaikkan kadar gula darah karena adanya tambahan rasa atau produk tertentu. Tidak hanya yang instant, air kepala alami juga mengandung karbohidrat serta kalori.

Maka dari itu, tidak disarankan bagi penderita diabetes menjadikan air kelapa ini sebagai menu diet untuk penderita diabetes. Agar efek samping diet air kelapa yang menjadikan kenaikan gula darah tidak menambah diabetes yang dimiliki semakin parah.

6. Menyebabkan darah rendah

Air kelapa memang memiliki banyak sekali manfaatnya. Mulai dari batang hingga akar bisa dimanfaatkan dalam keperluan sehari-hari. Utamanya air kelapa juga berfungsi mengobati beberapa penyakit seperti darah tinggi. Diet ekstrim yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya hipertensi. Untuk itu, air kelapa mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi, jika air kelapa dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan darah rendah berlebih sebagai efek samping diet air kelapa yang dilakukan.

7. Nutrisinya cepat hilang

Air kelapa alami jika terlalu lama terbuka dan terkontaminasi dengan udara bisa menyebabkan berubahnya rasa. Sama halnya dengan air kelapa instant. Oleh karena itu, konsumsi air kelapa harus dalam keadaan air kelapa segar. Jika telah terbuka terlalu lama maka nutrisi yang dibutuhkan saat diet air kelapa akan hilang. Sehingga air kelapa tidak bisa lagi menjadi kategori minuman sehat untuk diet.