Diet Vegan Yang Efektif Turunkan Berat Badan

Diet Vegan Yang Efektif Turunkan Berat Badan

Mengkonsumsi sayur-sayuran baik untuk tubuh kita. Selain membuat tubuh sehat, sayuran juga dipercaya mampu untuk menjaga tubuh tetap langsing. Program melangsingkan tubuh hanya dengan makan sayuran dan buah disebut diet vegan.

Ternyata diet vegan yang hanya mengonsumsi sayur dan buah tanpa ada unsur hewani ini, dapat mengecilkan ukuran pinggang, menurunkan berat badan, dan mengurangi kadar gula dalam darah. Nah , pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa cara Diet Vegan Yang Efektif Turunkan Berat Badan.

Lebih Rendah Kalori

Ini 5 Alasan Kenapa Diet Vegan Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Berat makanan yang berbasis tumbuhan mayoritas berasal dari air, sehingga tak masalah jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk ngemil pun berkurang. Anda bisa menggantikan kalori yang biasanya didapatkan dari daging-dagingan dengan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Misalnya saja sayap ayam yang sebanding dengan 400 kalori bisa digantikan dengan salad porsi besar yang kaya akan serat, nutrisi, dan vitamin, serta cukup untuk mengisi perut Anda.

Sudah Terbukti Secara Ilmiah

Ini 5 Alasan Kenapa Diet Vegan Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Banyak diet yang menjanjikan hasil luar biasa tetapi tak semuanya didukung dengan bukti ilmiah yang memadai. Lain halnya dengan diet vegan yang sudah terbukti secara ilmiah memang efektif menjaga berat badan tetap ideal. Salah satu studi yang membuktikan hal tersebut adalah Adventist Health Study pada 100.000 orang sejak 1958 yang menunjukkan hasil, di mana mereka yang melakukan diet vegan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Lebih Rendah Lemak Jenuh

Ini 5 Alasan Kenapa Diet Vegan Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Tanpa diet vegan, Anda akan lebih riskan untuk mengonsumsi lebih banyak lemak jenuh, terutama dari daging olahan dan produk serupa lainnya. Makanan tersebut dapat menyumbat arteri dan membuat kadar kolesterol Anda melonjak. Begitu juga dengan fast food dan produk olahan susu, seperti keju atau butter berbentuk padat. Dengan melakukan diet vegan, Anda akan mengganti konsumsi lemak jenuh tersebut dengan lemak tak jenuh, seperti kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi sebagai snack.

Kaya Serat

Ini 5 Alasan Kenapa Diet Vegan Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Serat memiliki manfaat penting bagi tubuh, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak mengonsumsi serat sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan, yaitu 38 gr untuk pria dan 25 gr untuk wanita. Padahal kurang serat dapat menyebabkan konstipasi, hemorrhoids, dan masalah pencernaan lainnya, termasuk kanker usus besar. Menu diet vegan yang kaya akan serat, termasuk biji-bijian, sayuran, legumes, dan whole fruits, tentunya akan menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan.

Kaya Nutrisi

Ini 5 Alasan Kenapa Diet Vegan Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Menu diet vegan dipenuhi dengan nutrisi, vitamin dan mineral sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan stamina tubuh. Misalnya saja kacang mentah yang kaya akan lemak tak jenuh dan omega-3. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti kacang almond, kenari, biji bunga matahari, flaxseeds, biji labu dan lain sebagainya. Namun jangan terlalu berlebihan, ya, karena makanan jenis ini juga tinggi kalori.