Diet Mediterania

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Cara Mengecilkan Lengan Tangan Dengan Cepat , Pola Makan Pencegah Melemahnya Jaringan Otot , Efek Susu Murni Terhadap Tubuh , Fakta Obat Diet Herbal , Menu Masakan Diet Dan Sehat , Olahraga Untuk Diet Maksimal , Manfaat Susu Skim , Fakta Air Es Menurunkan Berat Badan , Diet Ketat Karbohidrat , Ide Makanan Ringan Yang Tidak Bikin Gemuk , Diet Alkaline , Manfaatkan Buah Yang Menurunkan Berat Badan , Diet Mediterania , Cara Menghilangkan Lemak Di Perut Yang Benar

Diet Mediterania

Diet mediterranea adalah salah satu cara diet modern untuk menggantikan teknik diet tradisional yang dinilai banyak membawa dampak negatif.Ini dibuktikan dengan angka kematian akibat penyakit jantung koroner yang tergolong rendah di negara-negara Mediterranean dibandingkan dengan negara industri lainnya. Hal yang menyebabkannya adalah kebiasaan makan dan hidupmereka berbeda dengan negara-negara maju lainnya.

Diet Meditteranean secara tradisional terdiri dari delapan komponen, yakni tingginya rasio lemak jenuh tunggal terhadap lemak jenuh ganda, tingkat konsumsi alkohol sedang, tingginya konsumsi buah polong, banyak konsumsi serealia, banyak konsumsi buah-buahan, banyak konsumsi sayuran, sedikit konsumsi susu dan produk susu, dan olahraga secara teratur. Makin banyak komponen diet dijalani makin bayak keuntungan yang dicapai. Meskipun keuntungan tersebut dapat disebabkan oleh banyaknya serat gizi dan antioksidan yang ada di dalam Diet Mediterania, penelitian mutakhir menunukkan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal (asam oleat) berperan penting dalam pencegahan penyakit jantung koroner.

Cara Menerapkan Diet Mediterania

Diet Mediterania adalah cara yang lezat dan sehat untuk makan. Begini cara menerapkan diet menyehatkan itu, di antaranya:

  • Makan sayuran dan buah-buahan, dan beralih ke biji-bijian utuh. Usahakan untuk mengonsumsi 7-10 porsi sayuran dan buah-buahan setiap harinya.
  • Mengganti mentega dengan lemak sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola.
  • Menggunakan bumbu dan rempah-rempah, bukan garam, untuk penambah rasa makanan.
  • Membatasi asupan daging merah tidak lebih dari beberapa kali dalam sebulan.
  • Makan ikan setidaknya dua kali dalam satu minggu, usahakan juga tidak menggoreng.
  • Banyak olahraga.
  • Batasi konsumsi makanan cepat saji, yang mungkin mengandung tinggi garam dan lemak jenuh.
  • Ganti camilan Anda dengan buah kering dan kacang tanpa garam. Daripada kue, keripik, dan biskuit.
  • Boleh mengonsumsi anggur merah, tapi tidak boleh lebih dari dua gelas kecil per hari.
  • Perbanyak minum air putih untuk melawan minuman manis yang Anda konsumsi.

Adapun takaran dari beberapa daftar menu yang disarankan, yaitu:

  • Maksimal asupan per bulan: dapat mengonsumsi daging merah maksimal 4 porsi dalam satu bulan.  Dalam satu porsi mengandung sekitar 60 gram daging merah.
  • Maksimal asupan per minggu: dapat mengonsumsi telur 3 porsi dalam seminggu, di mana satu porsi itu adalah 1 butir telur, 3 porsi kentang (1 porsi adalah 100 gram), 3-4 porsi kacang-kacangan (1 porsi adalah 30 gram, dapat dimakan sebagai camilan) dan polong-polongan (1 porsi adalah 100 gram), mengonsumsi ikan 5-6 porsi.
  • Maksimal asupan per hari: buah 3 porsi (1 apel, 1 pisang, 1 jeruk, 200 gram melon atau semangka, 30 gram anggur), 6 porsi sayuran (1 porsi mengandung secangkir sayuran berdaun mentah atau setengah cangkir sayuran lainnya).

Dengan mengetahui informasi tentang diet Mediterania di atas, Anda dapat menerapkan cara makan sehat dan enak tersebut. Untuk memastikan apakah diet ini cocok untuk Anda, tidak ada salahnya untuk konsultasikan dengan dokter ahli gizi Anda. Faktor penting lain diet ini adalah membatasi atau menghindari makanan tinggi lemak dan gula.