Diet Chia Seed

Diet Chia Seed

Image result for chia seed

Memiliki bentuk tubuh proporsional dan berat badan ideal tentu menjadi impian setiap orang. Selain bisa membuat rasa percaya diri meningkat, bentuk tubuh proporsional juga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Orang yang berhasil menjaga berat badannya di posisi ideal, ini akan membantunya mencegah berbagai risiko penyakit.

Dibandingkan dengan orang-orang dengan berat badan berlebih hingga obesitas, mereka yang memiliki berat badan ideal lebih rendah berisiko terhadap berbagai macam penyakit. Well ladies, sangat penting nih bagi kita untuk selalu menjaga berat badan agar tidak berlebih.

Mengenai menjaga berat badan atau menurunkannya, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menerapkan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi sayur dan buah, kurangi konsumsi junk food, daging atau segala makanan serta minuman yang berlemak, kita mau melakukan olahraga rutin dan minum air putih cukup. Nah berikut ini kami akan mengajak anda mengenali Diet Chia Seed .

Chia seed mengandung beragam nutrisi, sehingga sering dikatakan sebagai makanan super untuk diet yang dapat menurunkan berat badan. Tapi apakah benar demikian?

Buku yang berjudul The Aztec Diet mengatakan 4 sampai 8 sendok makan chia seed dapat mengurangi rasa lapar. Dalam buku tersebut diungkapkan bahwa chia seed mampu mengenyangkan perut dan memperlambat tubuh dalam memproses makanan yang Anda konsumsi. Namun, belum disebutkan secara jelas bahwa chia seed dapat menurunkan berat badan.

Sementara itu, studi yang dipublikasikan di Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2012, meneliti 56 wanita post-menopause dengan berat badan berlebih. Mereka diberikan 25 gram chia seed selama 10 minggu. 

Dalam kurun waktu tersebut, peneliti menghitung massa tubuh, komposisi tubuh, maupun tekanan darah. Selama waktu tersebut, tidak ada temuan bahwa chia seed memberikan penurunan berat badan pada subyek penelitian.

Sementara itu, menurut David Nieman, DrPH, seorang profesor dari Appalachian State University in North Carolina, juga melakukan penelitian selama 12 minggu mengenai korelasi antara konsumsi 50 gram chia seed per hari dan penurunan berat badan.

Menurut studinya, chia seed juga tidak memberikan pengaruh penurunan berat badan dan penurunan lemak. Oleh karenanya, masih dibutuhkan studi yang lebih lanjut apakah chia seed dapat digunakan dalam diet untuk menurunkan berat badan.

Namun, studi lain mengatakan bahwa diet dengan chia seed dapat berkontribusi untuk menurunkan berat badan bagi penderita diabetes tipe 2. Studi ini melibatkan 77 partisipan yang obesitas. Selama studi, partisipan diminta untuk diet dengan mengurangi konsumsi kalori. 

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diminta untuk mengonsumsi chia seed setiap hari selama 6 bulan. Kelompok lainnya diminta mengonsumsi makanan berbahan dasar oat.

Hasil menunjukkan bahwa kelompok yang tidak mengonsumsi chia seed mengalami penurunan berat 0,3 kg. Sementara kelompok yang menyertakan chia seed dalam dietnya mengalami penurunan rata-rata 1,9 kg.

Melalui penelitian-penelitian tersebut, bisa disimpulkan penurunan berat badan dengan chia seed akan berhasil bila diiringi dengan pembatasan asupan kalori dan olahraga teratur.

Chia seed tetap sehat untuk disertakan dalam diet

Tentu Anda masih bisa menyertakan chia seed untuk menu makanan diet sehat. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika chia seed rutin dikonsumsi.

Chia seed mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan depresi, mencegah peradangan usus besar dan alergi pada anak-anak. Asam lemak omega-3 dalam chia seed juga mampu menurunkan risiko gangguan jantung.

Chia seed memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang mirip dengan kacang, sehingga mereka dapat dikombinasikan dengan makanan apa saja. 

Berikut ide simpel untuk menyertakan chia seed dalam menu diet Anda.

  • Menambahkan chia seed dalam smoothie Anda setiap pagi.
  • Menaburkannya di atas salad.
  • Rendam chia seed ke dalam air 20-30 menit dengan perbandingan 1:16, minum airnya dengan campuran madu, lemon, atau jus buah.
  • Tambahkan chia seed ke dalam camilan kacang-kacangan Anda.30
  • Kombinasikan pudding chia seed ke dalam yogurt dan diamkan semalam. Konsumsi esok hari dengan menambahkan madu atau buah kering.