Daftar Makanan Diet Penderita Maag

Daftar Makanan Diet Penderita Maag

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Fungsi Karbohidrat Untuk Otot , Makanan Diet Untuk Penderita Diabetes , Manfaat Mayones Untuk Diet , Daftar Sayuran Untuk Diet Yang Menyehatkan , Cara Menentukan DIet Terbaik Untuk Tubuh , Daftar Makanan Diet Penderita Maag , Daftar Minuman Sehat Untuk Diet , Daftar Makanan Untuk Diet Golongan Darah A , Cara Diet Untuk Badan Yang Susah Kurus , Makanan Untuk Diet Golongan Darah O , Ramuan Alami Mengecilkan Perut , Daftar Makanan Diet Rendah Kalori , Daftar Makanan Sehat Untuk Diet Cepat , Cara Membuat Yoghurt Untuk Diet , Daftar Makanan Untuk Diet Golongan Darah B , Cara Diet Aman Menurunkan Berat Badan

Daftar Makanan Diet Penderita Maag

Maag disebabkan oleh refluks asam lambung, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan Anda. Biasanya kondisi ini timbul akibat makan makanan pedas  atau makanan yang berminyak, minuman berkafein, dan juga alkohol. Jika hal ini terus terjadi, maka obat-obatan bukan lagi pilihan Anda. Anda harus mengonsumsi beberapa asupan yang baik untuk membantu menenangkan ketidaknyamanan Anda dengan menetralkan asam yang terdapat pada asupan yang baru saja Anda makan. Berikut ini adalah Daftar Makanan Diet Penderita Maag :

1. Bubur

Berbagai jenis bubur seperti bubur ayam merupakan salah satu makanan diet yang baik untuk dikonsumsi penderita maag. Tekstur bubur yang halus dan lembut akan lebih mudah dicerna pada lambung, sehingga tidak terlalu memberatkan kerja lambung  dan sistem pencernaan saat mengolah makanan tersebut.

2. Tempe Kukus

Tempe yang diolah dengan cara di kukus juga menjadi pilihan makanan baik penderita maag. Dari pendapat ahli gizi, kandungan asam amino yang ada di dalam tempe kukus memiliki sifat anti inflamasi yang akan membantu proses penyembuhan luka pada lambung. Selain itu, tempe juga tinggi akan protein nabati yang mudah diserap oleh tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk di konsumsi supaya gangguan pada lambung bisa dikurangi.

3. Roti dan Biskuit

Roti dan biskuit merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi serta sifatnya lunak yang membuat pencernaan bisa bekerja lebih ringan. Roti dan biskuit ini sangat cocok untuk dijadikan pegganjal perut saat lapar dan aman untuk di konsumsi.

4. Sayuran Tidak Berserat

Makanan Diet Penderita Maag selanjutnya adalah beberapa jenis sayuran yang tidak memiliki serat serta tidak mengandung gas juga sangat baik untuk di konsumsi penderita maag seperti contohnya labu siam, wortel, labu kuning serta brokoli. Sayuran seperti brokoli memiliki kandungan kalsium serta sulfur tinggi yang akan berperan sebagai antioksidan untuk melapisi kulit lambung.

5. Ikan Mengandung Omega 3

Beberapa Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet berminyak seperti sarden, salmon, herring dan mackerel memiliki kandungan asam lemak omega 3 sangat baik untuk dikonsumsi untuk mengurangi resiko terlukanya lapisan pada lambung.

Selain itu, ikan yang mengandung asam lemak omega 3 juga mengandung prostaglandin yang juga berguna untuk melapisi usus. Sedangkan kandungan DHA serta EA yang merupakan senyawa aktif juga sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung.

Untuk mengolah ikan yang mengandung asam lemak omega 3 agar tidak hilang kandungan gizinya, maka hindari mengolah makanan dengan cara digoreng, melainkan di kukus atau di panggang.

6. Madu

Madu memiliki kandungan anti bakteri yang tidak hanya baik untuk menyembuhkan luka luar, namun juga baik untuk menyembuhkan sakit maag, khususnya pada madu yang terbuat dari nektar bunga manuka yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri di dalam lambung dan juga usus. Anda bisa mengkonsumsi madu mentah sebanyak 2 kali dalam sehari yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Selain itu, anda juga bisa menyantap roti panggang yang ditambahkan dengan selai untuk menu makanan sarapan pagi atau di campur ke dalam minuman anda sehari-hari dan juga dijadikan campuran saat menyantap sereal atau jus.

7. Buah Cranberry

Dalam penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika salah satu jenis buah berry yakni cranberry tidak hanya baik untuk mengatasi infeksi saluran kencing dan mencegah bakteri  di kandung kemih, namun juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita maag. Anda bisa mengkonsumsi buah cranberry secara langsung atau dijadikan jus atau saus masakan yang tidak ditambahkan dengan gula lagi sebab buah cranberry sendiri sudah memiliki rasa yang manis. Buah cranberry ini bisa di konsumsi setiap hari supaya penyakit maag bisa dicegah serta diobati.

8. Kentang

Mengkonsumsi kentang rebus di pagi hari bisa dijadikan salah satu makanan untuk penderita maag sebab kentang mempunyai sifat alkali sehingga asam lambung bisa dinetralisir. Selain itu, mengkonsumsi kentang juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama karena merupakan sumber karbohidrat baik. Sedangkan untuk menu dari olahan kentang rebus bisa dibuat menjadi bubur kentang, kentang tumbuk atau jus kentang dan pengganti nasi saat menyantap makanan yang akan mencegah penyakit maag semakin parah.

9. Yogurt Tanpa Lemak

Makanan sehat selanjutnya adalah yogurt tanpa lemak. Dalam yogurt memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita maag sehingga resiko ulkus pada lambung bisa dihindari. Pilih yogurt yang tidak mengandung lemak dan juga tidak memiliki rasa atau plain karena jauh lebih sehat. Sedangkan untuk penambah rasa bisa ditambahkan dengan buah-buahan segar, aneka jenis biji-bijian dan madu yang juga baik untuk lambung seperti jenis buah berry, pisang dan jenis buah yang tidak asam.

10. Bubur Kacang Hijau

Makanan Diet Penderita Maag selanjutnya adalah bubur kacang hijau. Kacang hijau juga menjadi salah satu makanan baik untuk dikonsumsi penderita maag sehingga gangguan asam lambung bisa dicegah. Nutrisi yang terdapat di dalam kacang hijau akan membentuk semacam lapisan pada lambung yang berguna untuk mencegah asam lambung naik. Selain itu, kandungan karbohidrat yang juga terdapat dalam kacang hijau ini sangat mudah dicerna tubuh sehingga kerja lambung tidak menjadi terlalu berat.

11. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya menjadi makanan yang praktis, namun juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita maag. Oatmeal akan meredakan asam lambung naik yang terjadi karena anda telat untuk makan. Sedangkan untuk penambah nutrisi bisa diberikan potong buah sehat seperti melon, semangka dan juga pisang.

12. Biskuit Jahe

Biskuit jahe tidak hanya memiliki rasa nikmat dan mudah dicerna dalam tubuh, namun rasa panas dan tajam pada jahe tersebut akan mengeluarkan segala macam racun dari dalam tubuh serta sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk mencegah penyakit maag. Biskuit jahe ini juga mudah ditemukan di berbagai toko kue atau bisa juga dengan membuatnya sendiri agar lebih sehat dan terjaga kebersihannya.

13. Salad Sayur Rendah Serat

Pilihan menu makanan selanjutnya adalah salad sayur yang rendah kandungan serat seperti labu, brokoli, wortel dan berbagai sayuran rendah serat lainnya. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi jenis sayuran berat seperti kangkung, daun singkong, bayam dan jenis sayur tinggi serat lain karena akan semakin memperberat kerja lambung sekaligus memicu penyakit maag lebih sering.

14. Pepaya dan Pisang

Buah pepaya dan pisang memiliki kandungan kalium tinggi yang berguna untuk menyeimbangkan kadar pH atau tingkat keasaman pada lambung. Buah pepaya dan pisang juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama untuk perut anda sehingga baik untuk dikonsumsi pada sela waktu makan. Sementara kandungan potasium akan membuat tekanan darah bisa tetap stabil untuk mengurangi stress berlebihan.

15. Makanan Mengandung Probiotik

Beberapa makanan yang mengandung probiotik seperti mentega susu, yogurt, kimchi serta kefir sangat baik dikonsumsi agar pencernaan bisa tetap dalam keadaan sehat. Probiotik ini merupakan bakteri baik yang hidup dan sebagai penyuplai mikroorganisme penting ke saluran pencernaan.

16. Makanan Mengandung Flavonoid

Flavonoid yang juga dikenal dengan bioflavonoid juga menjadi pencegahan penyakit maag ampuh yang akan menjaga kadar asam lambung sekaligus mencegah terjadinya radang atau luka di area lambung serta usus. Senyawa flavonoid alami ini bisa didapatkan dari beberapa jenis buah serta sayuran seperti kacang polong, kedelai, buah anggur merah, apel, berbagai jenis berry serta kubis.

17. Ubi Jalar

Makanan Diet Penderita Maag selanjutnya adalah ubi jalar. Makanan yang baik untuk penderita maag sekaligus untuk diet selanjutnya adalah ubi jalar khususnya jika dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Ubi jalar ini merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Ubi jalar menjadi sumber serat makanan yang mudah dicerna, karbohidrat kompleks dan juga mangan yang sangat bermanfaat untuk mengobati ulkus peptik, ulkus duodenum dan juga beberapa penyakit usus serius lainnya. Untuk mengkonsumsi ubi jalar bisa dilakukan dengan mengukus atau dihaluskan seperti mash dan dijadikan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.

18. Popcorn

Popcorn yang termasuk salah satu jenis gandum utuh ini juga bisa dikonsumsi sebagai camilan bagi penderita maag. Akan tetapi, pastikan untuk tidak menambahkan garam atau mentega ke dalam popcorn tersebut. Popcorn tidak hanya baik untuk kesehatan dan juga rendah kandung kalori sehingga bisa menurunkan berat badan tanpa perlu membuat sakit maag kambuh.

19. Putih Telur

Putih telur menjadi sumber energi dan pembangun untuk tubuh sekaligus sebagai sumber protein yang sangat baik dan aman untuk penderita maag. Namun, hindari untuk mengkonsumsi kuning telur karena lemak serta kolesterol yang terdapat di dalam kuning telur tersebut akan membuat asam lambung bisa naik dan menyebabkan sakit maag bisa kambuh.