Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Diet

Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Diet

Image result for Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Diet

Kesibukan yang tinggi dan minimnya waktu, baik untuk mengatur pola makan dan berolahraga adalah alasan paling umum yang sering disampaikan para pelaku diet.

Alasan tersebut kerap dijadikan kambing hitam jika diet yang dijalankan tidak berbuah kesuksesan dan malah membuat orang yang bersangkutan bertambah berat badannya.

Diet adalah tentang bagaimana Anda memotivasi diri untuk berubah dari gaya hidup yang kurang sehat menuju gaya hidup yang lebih sehat. Penurunan berat badan adalah manfaat dari yang bisa Anda dapatkan jika Anda bisa menjalankan diet dengan penuh motivasi dan pantang menyerah. Berikut Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Diet.

1. Pahami Tujuan Anda Melakukan Diet

Mengapa Anda melakukan diet? Apa alasan Anda melakukan diet? Dua pertanyaan yang harus bisa Anda jawab dengan benar.

Tanpa mengetahui tujuan Anda melakukan diet, jangankan meningkatkan motivasi diet, mempertahankan motivasi saja akan sulit dilakukan.

Ada banyak alasan kenapa orang melakukan diet. Seperti karena akan segera menikah dan tak ingin terlihat “besar” saat mengenakan gaun pengantin. Bisa juga karena ingin lolos tes masuk ke Akademi Militer. Bahkan karena ingin mendapatkan cinta dari pria atau wanita yang diincarnya juga bisa menjadi motivasi Anda melakukan diet.

Pahami tujuan Anda melakukan diet dan pastikan goal tersebut menjadi target yang harus dicapai. Maka secara tidak langsung Anda bakal terdorong untuk terus meningkatkan motivasi diet demi tercapainya tujuan.

2. Tulis dan Pasang Tujuan Anda di Dinding Ruangan

Setelah mengetahui secara pasti dan tegas tujuan atau goal yang ingin Anda capai dalam menjalankan diet, tulislah dan pasang di dinding ruangan. Terutama di kamar tidur Anda dan ruang makan atau ruang keluarga. Pastikan tulisan dari tujuan Anda berdiet langsung terlihat dari tempat duduk atau tempat tidur Anda.

Ini merupakan salah satu cara “mencuci otak” dan menciptakan alam bawah sadar bahwa Anda memang harus melakukan diet secara konsisten dan teguh. Dengan membaca tulisan dari tujuan Anda melakukan diet, motivasi Anda pun akan selalu terjaga.

Oya, bisa juga tujuan melakukan diet tersebut dibuat dalam semacam gambar dan dijadikan wallpaper di smartphone atau laptop Anda. Jika perlu, tambahkan kata-kata motivasi yang menginspirasi di bawah tujuan diet Anda.

3. Gantung Pakaian Favorit Anda Saat Tubuh Langsing

Anda pasti punya pakaian favorit saat tubuh masih langsing bukan? Jadikan pakaian favorit tersebut menjadi pemicu Anda untuk meningkatkan motivasi diet.

Gantung di tempat yang terlihat jelas setiap saat. Bisa juga diletakkan di samping cermin sehingga Anda bisa melihat langsung tujuan dan kondisi Anda saat ini.

Tegaskan dalam diri Anda bahwa pakaian favorit itu harus bisa dipakai kembali. Teguhkan niat bahwa Anda ingin mengenakan kembali pakaian favorit itu. Masukkan ke dalam hati dan pikiran Anda setiap kali melihat pakaian itu digantung di dinding kamar.

4. Buat Makanan Rutin Dalam Bentuk dan Tampilan yang Menarik

Bagian dari program yang diet yang bisa mengancam motivasi diet Anda adalah rasa bosan karena menyantap makanan yang sama berulang-ulang. Namun untuk membuat variasi dari makanan rutin tersebut juga bukan sebuah perkara yang mudah. Bisa jadi malah akan merusak program diet Anda.

Karena itu untuk meningkatkan motivasi diet yang tengah Anda lakoni, coba buat makanan rutin tersebut terlihat berbeda. Cara yang paling mudah adalah dengan menyajikan makanan dan minuman tersebut secara lebih menarik dan cantik. Misalnya saja menyajikan yoghurt rendah lemak dalam sebuah gelas tinggi dengan hiasan buah-buahan.

Bisa juga menggunakan sebuah mangkok cantik untuk makan oatmeal. Mangkok ini ditata dalam sebuah piring besar yang berisi beberapa potong buah-buahan seperti kiwi yang cocok disantap bersama oatmeal.

5. Makan dan Tersenyumlah

Sekilas, untuk tersenyum saat makan agak sulit dilakukan. Pasalnya, keduanya dilakukan oleh satu organ yang sama: mulut. Butuh koordinasi yang baik saat kita makan dan harus tersenyum. Karena itu senyumlah saat Anda akan menyuapkan makanan atau setelah makan ditelan. Mudah bukan?

Kenapa harus tersenyum saat makan? Ada beberapa riset yang menunjukkan bahwa tersenyum merupakan sebuah tindakan yang akan membuat seseorang merasa bahagia. Senyum memang sebuah sinyal atau simbol dari kebahagiaan.

Karena itu, ketika makan sayuran, tersenyumlah. Sambil tersenyum Anda mengingat bahwa Anda sedang mengisi tubuh dengan makanan sehat dan bisa membuat umur Anda lebih panjang. Tersenyum bisa meningkatkan motivasi diet Anda.

6. Catat dan Ingat Setiap Perubahan Positif

Setiap orang yang tengah menjalani program diet pasti ingin melihat perubahan yang terjadi pada dirinya. Catat setiap perubahan yang terjadi secara teratur. Pastikan, Anda selalu mengingat dan bergembira setiap melihat catatan bahwa Anda mengalami perubahan yang postif.

Dengan mencatat dan melihat setiap perubahan sekecil apa pun, maka pikiran Anda akan termotivasi secara otomatis. Gunakan catatan tersebut untuk terus memotivasi program diet Anda.

Terutama ketika Anda tengah mengalami masa-masa sulit penurunan motivasi dan semangat untuk terus menjalankan program. Hal positif, sekecil apapun, pasti akan berguna bagi mental dan semangat Anda.

7. Foto Diri Sebelum, Sesudah, dan Sepanjang Menjalankan Program

Selain mencatat setiap perubahan, mengambil foto selama melakukan program diet juga akan membantu Anda dalam menjaga motivasi. Kalau perlu buat dalam sebuah karton besar deretan foto selama Anda menjalani program diet.

Di ujung atau bagian akhir dari rangkaian foto yang masih Anda lakukan pasanglah sebuah foto yang menunjukkan bentuk tubuh ideal yang Anda idam-idamkan.

Foto di akhir rangkaian tak perlu foto Anda di masa lalu, bisa juga dengan memasang foto selebriti yang tubuhnya Anda kagumi. Tapi kalau memang tujuan akhir dari program diet Anda adalah bentuk tubuh di masa lalu, tidak ada salahnya juga memasang foto tersebut di akhir rangkaian. Setidaknya Anda akan tahu bahwa itulah tujuan dari semua program diet yang Anda jalankan ini.

8. Dapatkan Pendukung Setia atau Teman Senasib

Teman senasib di sini bisa kelompok pendukung yang tengah sama-sama berjuang untuk menurunkan berat badan mereka. Bisa juga berupa mentor yang sudah mengetahui program diet Anda dari sejak awal.Ketika motivasi Anda tengah drop sementara program diet harus tetap berjalan, saat itulah Anda butuh kehadiran seorang teman. Dalam setiap usaha Anda mencapai tujuan dari program diet yang dijalankan pasti akan menemukan hambatan dan cobaan. Agar Anda tidak menghadapi hambatan itu sendirian, bergabunglah dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama.

Keberadaan mereka akan sangat membantu Anda tetap berada di arah yang benar dan bisa mengatasi masa-masa sulit dalam program diet yang dijalankan. Motivasi dalam berdiet akan lebih terjaga dibanding jika Anda menghadapi semua hambatan dan tantangan seorang diri.

Meningkatkan motivasi diet adalah salah satu kunci sukses menjalankan program diet yang Anda rencanakan. Tanpa motivasi, sebagus apa pun program yang dirancang tak akan bisa mencapai hasil yang diinginkan. Perkuat motivasi Anda dengan cara-cara di atas, dan jadilah bagian dari mereka yang sukses dengan dietnya.