Cara Meningkatkan Stamina

Cara Meningkatkan Stamina

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit , Tips Diet Sehat Melalui Makanan dan Olahraga , Fakta Tentang Diet Karbohidrat , Buah Diet Khusus Menurunkan Berat Badan , Jenis Kacang Yang Bagus Untuk Diet , Daftar Snack Berkalori Rendah , Efek Samping Diet Lemon , Cara Konsumsi Minyak Kelapa Untuk Diet , Daftar Minuman Penurun Berat Badan , Manfaat Sauna Untuk Diet , Waktu Terbaik Untuk Fitnes Dan Olahraga , Cara Meningkatkan Stamina , Olahraga Mengecilkan Perut Pria Dan Wanita , Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi , Efek Sit Up Untuk Tubuh , Makanan Yang Bikin Super Gemuk , Bahaya Minum Obat Pelangsing , Efek Kelebihan Lemak Dalam Tubuh , Gejala Fatty Liver Yang Berbahaya , Cara Membentuk Tubuh Ideal , Cara Mengecilkan Betis Kaki , Bahaya Olahraga Berlebihan

Cara Meningkatkan Stamina

Dibandingkan jenis olahraga lainnya, lari adalah satu dari beragam olahraga yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Meski begitu, banyak orang yang enggan melakukan olahraga ini karena dianggap melelahkan dan butuh banyak energi. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, mungkin karena stamina yang Anda miliki kurang kuat untuk berlari dalam jarak tertentu. Yuk, simak ulasan di bawah ini supaya tahu bagaimana caranya meningkatkan dan menjaga stamina agar kuat lari dan tidak cepat lelah!. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Meningkatkan Stamina  :

Minum jus tomat

Jus tomat yang kaya akan kandungan lycopene akan membantu pemulihan otot setelah melakukan program latihan. Kita dapat mencampur jus tomat dengan seledri dan sedikit jeruk lemon untuk mengganti garam dan elektrolit yang hilang sehingga memicu metabolisme lebih cepat yang dapat membantu membakar banyak kalori.

Tidak hanya untuk mengembalikan tenaga dan mengembalukan stamina saja, selain itu jus tomat juga baik untuk dikonsumsi karena tomat kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. dan mengandung nutrisi untuk merawat kulit.

Makanan dari kedelai
Makanan dengan berbahan dasar kedelai juga sangat berguna untuk memulihkan stamina dan memulihkan tenaga karena mengandung banyak protein untuk membantu proses pertumbuhan massa otot. Umumnya makanan berbahan dasar kedelai dapat dengan mudah kita temukan seperti tahu dan tempe.

Selain itu kedelai juga mengandung lemak tidak jenuh yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah menuju otot serta kandungan isoflavonnya dapat membantu kita mengurangi rasa nyeri pada sendi pasca melakukan program latihan fitnes.

Konsumsi ikan laut (Salmon, herring, dan mackerel)

Seperti yang telah saya bahas pada artikel terdahulu bahwa ikan laut adalah sumber protein alam yang mudah untuk didapat namun memiliki kandungan protein tinggi yang terjaga kualitasnya. Selain kandungan protein pada ikan laut seperti salmon dan mackerel kita juga akan diuntungkan dengan kandungan omega 3 yang berfungsi untuk mengurangi nyeri pasca latihan dan membantu merestorasi kerusakan pada otot kita sehingga dapat mengembalikan stamina dan memulihkan tenaga.

Minum susu
Ketika anda berkomitmen untuk membentuk tubuh maka hindarilah minuman yang mengandung lemak jenuh seperti cokelat dan sebagainya. Mulailah untuk minum susu yang mengandung protein tinggi. Di dunia fitnes terdapat dua jenis susu yang menjadi suplemen utama untuk mendukung program latihan yakni Whey protein isolate dan mass gainer. Kedua susu ini sama sama memiliki protein tinggi namun memiliki fungsi yang berbeda.

Meskipun memiliki fungsi utama yang berbeda, namun kedua susu ini dapat membantu kita mengembalikan tenaga dan stamina setelah fitnes. Whey protein isolate merupakan susu fitnes khusus yang mengandung protein whey (protein murni yang paling tinggi kualitasnya), kandungan BCAA yang berfungsi mencegah kerusakan otot dan penyusutan massa otot serta asam amino. Sedangkan mass gainer merupakan percampuran dari whey protein yang ditambah dengan karbohidrat tinggi untuk meningkatkan berat badan tubuh.
Namun pada dasarnya konsumsi susu harus disesuaikan dengan bentuk tubuh kita. Jika kita orang kurus yang memiliki berat badan kurang untuk melakukan program latihan, sangat disarankan untuk mengonsumsi mass gainer yang merupakan susu fitnes untuk mendapatkan berat badan ideal dan tetap menjaga massa otot. Namun jika kita telah memiliki berat badan ideal dan normal maka kita dapat mengonsumsi whey protein isolate yang ditujukan untuk menunjang program latihan dan meningkatkan massa otot agar menjadi lebih optimal.

Makanan dengan zat besi
Cara mengembalikan tenaga dan mengembalikan stamina yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengadung zat besi. Zat besi sendiri dapat dengan mudah kita temukan dalam berbagai jenis sayuran seperti brokoli, bayam, dan daging merah seperti iga sapi dan sebagainya. Tentunya zat besi berguna untuk mempercepat pasokan oksigen menuju otot dan memulihkan tenaga pasca latihan berat.

Makanangan dengan magnesium
Magnesium juga salah satu zat yang bermanfaat untuk mengembalikan tenaga dan stamin yang telah hilang. Magnesium bekerja sama seperti zat besi yang memberikan pasokan oksigen menuju otot sehingga proses restorasi jaringan otot semakin cepat. Magnesium sendiri dapat dengan mudah kita temukan pada jenis kacang kacangan.

Air putih
Cara memulihkan tenaga selanjutnya adalah dengan munum air putih secara teratur. Memang tidak sepenuhnya memulihkan kondisi otot, namun dengan mengonsumsi air putih yang cukup maka tubuh akan terasa segar dan menjadi lebih ringan. Selain itu air putih juga bagus untuk kesehatan otak kita. Maka dari itu kita harus rajin minum air putih untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap segar dan prima.

Pemanasan dan pendinginan pada latihan
Sebelum melakukan program latihan, hendaknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot tidak kaget ketika kita melakukan latihan dengan intensitas berat. Hal tersebut dapat mencegah dan memperlambat rusaknya jaringan otot. Setelah melakulan latihan, hendaknya kita juga melakukan pendinginan sebagai gerakan penutup untuk mengurangi dan menghentikan kerusakan otot yang disebabkan program latihan yang kita jalani.

Cara mengembalikan stamina dan mengembalikan tenaga yang satu ini memang terdengar sepele. Namun faktanya, orang yang selalu melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah latihan memiliki daya tahan lebih tinggi dan kerusakan yang lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak melakukan pemanasan dan pendinginan.

Berendam pada air dingin dan air hangat
Berendam pada air dingin lalu air hangat dapat membantu otot menjadi lebih rileks dan mengurangi ketegangan pada jaringan otot. Secara tidak langsung berendam pada air dingin dan panas dapat membantu kita mencegah kerusakan otot dan membantu mengembalikan tenaga dan stamina yang hilang pasca latihan. Cara ini juga telah diterapkan dan populer di kalangan olahragawan profesional diantaranya adalah pemain sepak bola, pemain bela diri dan lain sebagainya.

Istirahat teratur
Cara mengembalikan tenaga dan mengembalikan stamina yang terakhir adalah dengan istirahat yang cukup dan teratur setiap harinya. Hindari kebiasaan begadang dan minum kopi. Usahakan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam dalam satu hari agar tubuh menjadi segar. Hal ini disebabkan karena pada saat kita tidur bagian bagian tubuh kita yang mengalami kerusakan akan dipulihkan. Maka dari itu untuk memulihkan tenaga kita harus tidur teratur setidaknya selama 7 jam setiap harinya.