Cara Mengecilkan Betis Kaki

Cara Mengecilkan Betis Kaki

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit , Tips Diet Sehat Melalui Makanan dan Olahraga , Fakta Tentang Diet Karbohidrat , Buah Diet Khusus Menurunkan Berat Badan , Jenis Kacang Yang Bagus Untuk Diet , Daftar Snack Berkalori Rendah , Efek Samping Diet Lemon , Cara Konsumsi Minyak Kelapa Untuk Diet , Daftar Minuman Penurun Berat Badan , Manfaat Sauna Untuk Diet , Waktu Terbaik Untuk Fitnes Dan Olahraga , Cara Meningkatkan Stamina , Olahraga Mengecilkan Perut Pria Dan Wanita , Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi , Efek Sit Up Untuk Tubuh , Makanan Yang Bikin Super Gemuk , Bahaya Minum Obat Pelangsing , Efek Kelebihan Lemak Dalam Tubuh , Gejala Fatty Liver Yang Berbahaya , Cara Membentuk Tubuh Ideal , Cara Mengecilkan Betis Kaki , Bahaya Olahraga Berlebihan
Cara Mengecilkan Betis Kaki

Tak hanya perut buncit, ukuran betis yang besar sering kali bikin Anda kurang percaya diri di depan orang banyak. Terlebih bagi kaum wanita yang suka pakai celana atau rok pendek, betis yang besar tentu saja sangat mengganggu penampilan. Lantas, adakah cara mengecilkan betis yang cepat tapi juga aman bagi kesehatan? Tenang, jawabannya ada pada ulasan berikut ini.

Betis dan paha terdiri dari otot dan lemak subkutan, yaitu jenis lemak yang terletak tepat di bawah kulit. Ketika otot betis ini berkontraksi alias mengencang, ditambah lagi jumlah lemak subkutan yang banyak, maka kaki bagian bawah Anda akan terlihat besar dan tebal.

Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan, kondisi betis yang besar tentu saja bikin Anda jadi tidak pede, bukan? Tenang, punya betis yang kecil dan ramping bukan hal yang mustahil, kok! Ada beberapa cara mengecilkan betis yang bisa Anda lakukan mulai hari ini , Berikut ini adalah Cara Mengecilkan Betis Kaki  :

  1. Cobalah Merubah Cara Jalan Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan betis kaki adalah mencoba untuk berjalan dengan benar. Kesalahan dalam berjalan bisa membuat betis menjadi lebih besar. Ketika Anda berjalan maka cobalah untuk tidak meletakkan tumpuan pada bagian bola betis, tapi pada bagian tumit kaki. Saat berjalan maka tumit kaki harus mencapai ke bawah hingga rata dengan tanah dan setelah itu baru melangkah. Kebiasaan berjalan terburu-buru tidak bisa membuat tumit menempel ke tanah dengan sempurna. Karena itu rubah kebiasaan berjalan Anda. Jalan kaki yang benar juga bisa menghilangkan semua penyebab sakit pinggang pada pria dan wanita.

  1. Berlari Rutin

Banyak orang yang mengatakan jika sering berlari akan membuat betis menjadi lebih besar. Namun ternyata fakta lain membuktikan jika sering berlari akan membuat otot betis menjadi kuat dan lemak di betis juga akan mengecil. Berlari akan membuat otot betis menjadi lebih kuat dan memicu bagian otot paha bisa bekerja denghan baik. Daya tahan otot betis yang kuat akan membantu betis menjadi lebih kecil. Olahraga berlari yang dilakukan secara rutin akan membantu bagian betis bawah menjadi lebih kecil, kemudian otot betis terbentuk pada bagian atasnya. Hal ini akan membuat betis Anda menjadi lebih indah. Berlari juga akan membantu membakar lemak di semua bagian tubuh termasuk betis dan paha. Berlari juga sebagai cara mengatasi sesak nafas secara alami dan cepat)

  1. Hindari Menggunakan Kekuatan Betis Berlebihan

Beberapa kegiatan atau aktifitas biasanya akan membutuhkan kekuatan betis yang lebih besar. Hal ini akan menyebabkan otot betis menjadi lebih besar. Namun perubahan betis ini akan membuat penampilan betis menjadi lebih besar. Karena itu hindari berjalan, berlari, mengangkat barang atau olahraga yang banyak menggunakan kekuatan betis. Lebih baik jika Anda mengembangkan kekuatan otot pada bagian tumit sehingga merangsang gerakan lembut untuk otot betis.

  1. Hindari Gerakan Melompat Saat Olahraga

Berbagai jenis gerakan olahraga yang banyak melompat akan membuat kondisi betis menjadi lebih besar. Gerakan ini akan menarik otot betis ke bagian paha dan sekitar punggung. Ketika kaki menginjak tanah maka otot yang sudah tertarik ke bagian atas akan kembali kebawah. Gerakan ini akan membuat betis menjadi lebih besar. Karena itu lebih baik jika memilih gerakan olahraga yang lembut seperti berjalan kaki dengan gerakan tumit yang benar.

  1. Hindari Kebiasaan Jongkok

Jika Anda sering melakukan pekerjaan dengan berjongkok, maka kebiasaan ini harus dirubah. Jongkok akan membuat otot betis mengembang dengan cepat. Tumpuan utama pada bagian kaki akan terlihat pada bagian betis. Terlebih jika Anda juga terbiasa jongkok kemudian berdiri dalam waktu yang lama. Gerakan ini akan membuat betis menjadi lebih besar. Karena itu lakukan berbagai pekerjaan dengan gerakan yang lebih nyaman untuk betis misalnya sambil duduk dan terkadang berdiri dalam waktu yang tidak lama.

  1. Berenang

Apakah Anda bisa berenang dan sering berenang? Renang merupakan salah satu olahraga yang bisa membantu cara mengecilkan betis kaki. Renang sangat baik untuk menarik bagian otot betis ke bagian paha dan perut. Gerakan tarikan dalam renang akan membantu betis bisa bekerja dengan baik. Semua jenis gerakan renang umumnya akan menggerakkan semua bagian tubuh dan membuat lemak di beberapa bagian tubuh akan terbakar. Anda bisa mencoba untuk berenang paling tidak 30 menit setiap hari untuk mengecilkan betis.

  1. Bersepeda

Jika Anda memiliki hobi untuk bersepeda, maka cara ini juga bisa membantu mengecilkan ukuran betis. Ketika bersepeda maka ada tarikan otot betis hingga ke bagian paha. Gerakan ini dilakukan secara terus menerus yang akan membuat otot betis menjadi lebih lentur. Cara ini juga bisa membantu menurunkan semua lemak antara bagian betis dan paha. Biasanya orang yang sering bersepeda akan memiliki ukuran betis yang lebih kecil, bola betis yang sangat tipis dan bagian tulang yang kuat pada bagian atas tumit. Betis yang indah bisa Anda dapatkan hanya dengan bersepeda secara rutin.

  1. Hindari Makanan Berkalori Tinggi

Untuk mendapatkan ukuran betis yang lebih kecil maka Anda juga harus memperhatikan nutrisi untuk tubuh. Betis yang indah didapatkan dengan usaha yang sangat kuat. Salah satunya adalah dengan menghindari semua jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Makanan yang mengandung kalori tinggi akan membuat pembakaran lemak dalam tubuh menjadi sangat lambat. Termasuk untuk jenis lemak yang banyak menumpuk pada bagian betis. Bahkan ketika tubuh Anda menjadi gemuk pada bagian perut maka lemak pada betis akan menjadi berkembang. Anda juga harus mencoba untuk melakukan beberapa cara gaya hidup sehat untuk awet muda & bebas dari penyakit.

  1. Hindari Makanan yang Digoreng

Semua jenis makanan yang digoreng memang disukai oleh banyak orang. Namun semua jenis makanan yang digoreng dengan minyak sawit bisa menjadi musuh utama untuk tubuh. Makanan ini mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Lemak jenuh paling banyak menumpuk dalam jaringan tubuh termasuk untuk bagian betis. Biasanya lemak jenuh akan menyebabkan penumpukan kolesterol yang menyebabkan tubuh menjadi kurang sehat. Lemak yang menumpuk pada jaringan di bagian betis akan membuat betis terlihat sangat besar. Karena itu hindari semua jenis makanan yang digoreng, atau dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas saja. Bahkan ada beberapa bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan yang harus diperhatikan.

  1. Hindari Terlalu Banyak Keripik

Mengkonsumsi camilan saat waktu luang memang sangat menyenangkan. Semua orang menjadi sangat santai dan bisa meningkatkan suasana perasaan hati. Namun mengkonsumsi camilan tidak sehat seperti keripik bisa membuat kondisi betis Anda menjadi lebih besar. Makanan ini banyak diolah dengan cara digoreng dan banyak mengandung bahan tambahan seperti perasa, garam dan gula. Semua bahan-bahan ini bisa membuat lemak menumpuk dalam tubuh. Jika Anda kurang berlatih maka biasanya lemak akan berkembang dibagian betis, pergelangan tangan, paha dan perut. Karena itu hindari terlalu banyak makan keripik.

  1. Konsumsi Sayuran Hijau

Untuk mengecilkan betis maka Anda juga perlu untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, kale, kangkung, brokoli, buncis dan sawi banyak mengandung serat alami yang sangat baik untuk tubuh. Serat ini membantu membakar lemak dalam tubuh. Tetapi Anda tidak bisa mengecilkan betis hanya dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Anda tetap perlu melakukan berbagai kegiatan yang seimbang dengan kebutuhan untuk melatih otot betis. Jadi lakukan latihan yang bisa membuat jaringan lemak betis menjadi terbakar dan tetap mengkonsumsi makanan kaya serat alami dan produk olahan.

  1. Mengatur Porsi Makan

Anda juga bisa membuat program mengecilkan ukuran betis menjadi lebih cepat dengan mengatur porsi makan. Cara ini akan membantu tubuh Anda mendapatkan jumlah makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak  berlebihan. Anda bisa mengambil makanan dalam jumlah porsi yang lebih kecil. Tehnik ini juga harus dilakukan dengan cara makan saat Anda benar-benar merasa lapar. Jangan hanya makan karena kebiasaan seperti makan tiga kali dalam sehari. Kebiasaan ini akan membantu menurunkan lemak dalam tubuh dan menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil. Namun perhatikan untuk tetap berolahraga secara rutin.

  1. Membangun Otot Betis

Untuk menjaga agar ukuran betis tidak terlalu besar maka Anda bisa mencoba untuk membangun otot betis. Jika betis Anda terlihat dengan ukuran yang lebih besar maka jaringan lemak didalamnya mungkin sangat banyak. Membakar lemak dan membangun otot betis di dalamnya bisa merubah betis menjadi sangat indah. Cara ini dilakukan dengan melakukan latihan betis. Anda bisa menggunakan beban yang tidak terlalu berat pada tahap awal. Lakukan tarikan dengan beban pada betis selama 10 hingga 15 kali. Cara ini juga bisa membantu menurunkan lemak pada  paha dalam.

  1. Berjalan Secara Rutin

Latihan berjalan secara rutin akan membantu mengecilkan ukuran betis. Berjalan secara rutin juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan memelihara detak jantung yang normal. Lakukan latihan berjalan selama 20 menit setiap hari. Untuk mengecilkan betis maka usahakan untuk terus berjalan dengan kecepatan lambat dan skala yang sama. Berjalan secara rutin juga akan membantu menurunkan berat badan dan membantu pembakaran kalori atau lemak dalam tubuh. Berjalan rutin juga bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, diabetes, anemia, serta menghilangkan cepat lelah dan jantung berdebar.

  1. Lakukan Peregangan Betis Setiap Pagi

Apa yang Anda rasakan setelah bangun tidur? Jika betis Anda besar dan banyak mengandung lemak maka akan terasa panas dan kurang nyaman. Bisa jadi ini adalah gejala penumpukan kolesterol dan peredaran darah yang buruk. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba melakukan peregangan betis setiap pagi setelah bangun tidur. Peregangan dilakukan dengan cara menatik betis ke kanan dan ke kiri dengan menjadikan paha sebagai tumpuan utama. Latihan ini akan membantu membakar lemak dalam betis dan membuat otot kaki Anda menjadi lebih kuat. Lakukan peregangan selama sekitar 20 detik dan hasilnya bisa membuat betis menjadi sangat indah. Lakukan cara melakukan olahraga yang baik dan benar bagi tubuh.  Peregangan juga harus dilakukan sebelum olahraga untuk menghindari bahaya olahraga tanpa pemanasan.

  1. Lakukan Pilates

Pilates menjadi salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia. Olahraga ini bisa membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sudah banyak yang membuktikan hasil pilates yaitu badan yang lebih langsing, otot yang kuat dan kaki yang indah termasuk untuk betis. Berbagai gerakan pilates yang menjaga keseimbangan gerakan, peregangan dan kerja otot akan membantu otot betis menjadi sangat kuat. Gerakan yang dilakukan secara perlahan dan membutuhkan keseimbangan pernafasan ini akan membantu seluruh otot tubuh menjadi lebih lentur. Cara ini juga membakar lemak dalam tubuh. (baca juga : olahraga meninggikan badan, latihan otot dan senam)

  1. Lakukan Latihan Gerakan Betis

Untuk mengecilkan ukuran betis maka Anda juga bisa melakukan sebuah gerakan yang sangat sederhana. Gerakan ini dilakukan dengan duduk bersantai di lantai dengan posisi yang sangat santai namun seimbang. Kemudian angkat kedua kaki Anda secara perlahan dan jaga pernafasan Anda. Setelah itu tahan ketika bagian kaki sudah lebih tinggi dari kepala. Anda bisa membuat bagian punggung menjadi lebih rendah. Hitung selama 15 detik dan kemudian turunkan secara perlahan. Cara ini akan membantu membakar tumpukan lemak dalam betis.

  1. Latihan Tumit dengan Gerakan Penari Balet

Jika Anda melihat penari balet, maka umumnya mereka memiliki betis yang indah dan sangat kecil. Hal ini terjadi karena mereka sering melakukan gerakan berjinjit dan hanya bertumpu pada bagian ujung jari kaki. untuk mengecilkan ukuran betis maka Anda juga bisa mencoba cara ini. Lakukan gerakan berjinjit hanya dengan ujung jari sebagai tumpuan. Tarik otot perut Anda dan jangan menggunakan betis sebagai tumpuan tapi ujung jari. Jika selama beberapa kali hitungan Anda merasa tidak kuat maka segera turunkan kaki secara perlahan. Gerakan ini akan membantu otot betis menjadi lebih lentur dan juga menurunkan berat badan.

  1. Lakukan Latihan Melompat dengan Sangat Lambat

Melompat memang bisa membuat betis menjadi lebih besar. Namun jika Anda melompat dengan gerakan yang sangat lambat maka bisa membantu mengecilkan betis. Cara melompat untuk mengecilkan betis yang benar dilakukan dengan cara meregangkan bagian tangan ke samping kemudian melompat perlahan dengan sangat lambat. Saat Anda melompat maka usahakan untuk tangan tetap meregang pada gerakan yang sama. Lakukan gerakan ini selama beberapa kali dan gunakan tumit untuk menjadi tumpuan berat badan setelah melompat.

  1. Lakukan Yoga

Yoga menjadi olahraga yang bisa membantu mengecilkan ukuran betis. Yoga banyak menggunakan kekuatan otot tubuh untuk mencapai gerakan yang sempurna. Yoga juga akan melatih kekuatan otot tubuh ketika peregangan dan bisa membuat gerakan yoga bermanfaat untuk betis. Anda bisa melakukan yoga yang secara khusus bisa membantu mengecilkan ukuran betis. Berbagai gerakan ini biasanya dilakukan dengan perlahan dan banyak menggunakan kekuatan berat badan. Berbagai postur yoga juga banyak bertumpu pada otot betis sehingga otot betis bisa menjadi sangat lentur. Olahraga ini juga membantu membakar lemak dalam tubuh. Yoga juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan sakit kepala, stres, membentuk badan yang sehat dan meningkatkan pergaulan sosial.

  1. Lakukan Gerakan Memutar Tumit

Jenis peregangan lain yang bisa membantu mengecilkan ukuran betis adalah dengan melakukan gerakan melingkarkan tumit. Cara ini dilakukan dengan cara yang sangat santai dan Anda tidak perlu banyak melakukan tenaga. Anda bisa mencoba untuk duduk di kursi, usahakan bagian punggung lurus dan tidak bersandar pada bagian belakang kursi. Setelah itu lakukan gerakan memutar bagian tumit angkel tumit secara perlahan sesuai dengan arah jarum jam. Lakukan gerakan secara bergantian. Latihan peregangan ini mungkin tidak bisa bekerja dengan cepat sehingga Anda harus melakukan latihan lebih sering.

  1. Lakukan Latihan Beban

Untuk mengecilkan ukuran betis maka sebenarnya tidak harus dilakukan secara langsung. Biasanya betis yang besar berarti bahwa tubuh juga memiliki lemak dan ukuran yang besar. Untuk itu cara yang perlu dilakukan adalah menurunkan lemak di semua bagian tubuh termasuk betis. Anda bisa mencoba untuk melakukan latihan beban yang ringan. Latihan beban ini akan membantu mengembalikan kekuatan otot tubuh secara menyeluruh. Namun ketika Anda merasa sangat lelah maka jangan menggunakan betis sebagai tumpuan utama. Seimbangan berbagai gerakan latihan beban untuk membangun otot perut dan paha. Cara ini akan membuat betis menjadi lebih kecil.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium yang tinggi juga bisa membantu mengecilkan ukuran betis. Ini termasuk sebagai cara alami yang akan bekerja dari dalam tubuh. Kalium akan membantu menyerap garam atau natrium dalam tubuh. Hal ini bisa membantu mengurangi lemak dan penumpukan cairan berlebihan dalam betis. Selain itu juga hindari terlalu banyak mengkonsumsi garam. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalium tinggi misalnya seperti pisang, edamame, bayam, alpukat, dada ayam tanpa kulit dan jamur shiitake.

  1. Berikan Bantal di Kaki saat Tidur

Untuk membantu cara mengecilkan betis kaki Anda juga perlu melakukan cara alami seperti mengatur posisi betis saat tidur. Anda bisa mencoba untuk memberikan bantal di kaki saat tidur sehingga posisi betis menjadi lebih tinggi. Cara ini bisa membantu menghilangkan penumpukan cairan pada bagian kaki. Anda bisa mencoba untuk membuat kaki lebih tinggi sekitar 10 hingga 15 cm dari bagian kepala.

  1. Minum Cukup Air

Anda juga bisa mengecilkan ukuran betis dengan minum air mineral yang cukup. Air sangat penting untuk metabolisme tubuh dan membantu aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Jika Anda kekurangan air maka ada banyak lemak yang menumpuk dan menyebabkan cairan pada bagian betis. Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah minum banyak air atau sekitar 3 liter perhari. Minum air yang cukup juga bisa melindungi dari efek kekurangan air putih bagi tubuh dan bahaya akibat kurang minum air putih.

  1. Lakukan Peregangan Sebelum Tidur

Peregangan untuk mengecilkan ukuran betis juga bisa Anda lakukan sebelum tidur. Cara ini juga akan membantu ukuran betis menjadi lebih kecil. Peregangan sangat penting untuk menghilangkan lemak dan membuat otot betis menjadi lebih lembut. Cara untuk melakukan peregangan sebelum tidur adalah dengan memutar bagian pergelangan kaki Anda sambil duduk tegak selama 5 atau 10 kali putaran. Cara sederhana ini akan membuat otot betis menjadi lebih nyaman.

  1. Hindari Memijat Betis Menjelang Tidur

Banyak orang yang mengurut atau memijat betis menjelang tidur karena terasa lelah dan tidak nyaman. Namun kebiasaan ini bisa membuat betis menjadi lebih besar. Jika Anda ingin mengecilkan ukuran betis maka sebaiknya tidak memijat betis menjelang tidur. Jika Anda merasa betis atau kaki menjadi tidak nyaman karena kelelahan maka usapkan minyak kayu putih atau jenis minyak yang lain kemudian lakukan peregangan pada bagian betis. Cara ini justru bisa membuat otot betis menjadi lebih lentur dan tidur Anda menjadi nyaman.

  1. Hindari Olahraga Memanjat

Jika Anda ingin memiliki betis yang kecil dan terlihat sangat seksi maka hindari semua jenis olahraga yang memanjat. Olahraga yang banyak melakukan gerakan memanjat akan membuat betis menjadi lebih besar. Otot betis akan tertarik ke bagian atas dan membuat bola betis terbentuk. Cara ini akan membuat betis menjadi besar dan terlihat bengkak. Jadi hindari semua jenis olahraga yang banyak bertumpu pada bagian betis.

  1. Hindari Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Kebiasan menggunakan sepatu dengan hak tinggi akan mempengaruhi bentuk betis secara otomatis. Ketika Anda menggunakan sepatu hak tinggi maka otot betis akan tertarik ke atas dan ketika berjalan maka bagian kaki tidak bisa bertemu tanah dengan benar. Hak tinggi juga bisa membuat otot betis mengalami tekanan yang sangat berat sehingga betis menjadi bengkak. Karena itu gunakan sepatu yang nyaman dan bisa membuat betis menjadi sempurna.

Betis yang indah dan seksi bisa terlihat dari bentuk betis yang seimbang dan tidak terlalu besar. Ada banyak alasan mengapa harus memiliki bentuk betis yang indah. Betis yang kecil juga menggambarkan bahwa tubuh Anda tidak banyak memiliki lemak sehingga bisa terlihat lebih sehat. Jadi jika Anda memiliki betis yang besar, cobalah melakukan beberapa cara mengecilkan betis seperti diatas.