Cara Memasak Nasi Merah Untuk Diet

Cara Memasak Nasi Merah Untuk Diet

Beras Merah memang telah lama dianggap sebagai beras yang tersehat dibandingkan dengan beras lainnya. Sebab beras merah memilik banyak kandungan nutrisi yanng sangat bermanfaat, Dan juga baik untuk Kesehatan tubuh. Beras merah biasanya dipilih pengganti karbohidrat saat proses diet.

Didalam beras merah ternyata ada berbagai macam jenis serat, mineral, vitamin dan rendah gula. Seseorang yang mempunyai kadar gula yang tinggi dan sedang menjalani diet disarankan untuk memakan beras merah untuk pengganti nasi putih.

Walaupun mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, masih banyak orang yang kurang suka dengan rasa dari beras merah. Banyak yang mengatakan rasa beras putih lebih enak dibandingkan dengan beras merah.

Ternyata beras merah memang mempunyai tekstur yang keras dibandingkan dengan beras putih, apabila beras merah dimasak dengan sembarang , matangnya pasti tidak akan pulen. mungkin yang dikatakan semua orang tidak benar, nasi merah akan enak bila cara memasaknya benar.

Ada sebuah cara memasak beras merah yang benar, caranya yang simple dan yang pasti hasilnya seperti yang kita inginkan. Berikut merupakan Cara Memasak Nasi Merah Untuk Diet.

1. Bubur Nasi Merah

Bubur Nasi MerahModifikasi pertama dari beras merah adalah dibuat menjadi bubur nasi merah yang sangat cocok untuk menu diet kamu dan cara membuatnya juga terbilang sangat mudah. Siapkan beberapa bahan seperti 150 gram beras merah yang di rendam selama 3 jam kemudian ditiriskan, 90 gram ubi merah yang di kupas dan dipotong dadu kecil, 1 liter kaldu ayam, 150 gram labu kuning yang dipotong dadu kecil, 1 sendok makan jagung manis pipilan, 100 gram daging ayam rebus yang dipotong dadu dan juga 1 sendok teh garam serta sedikit lada.

Untuk cara membuatnya, silahkan kamu rebus beras merah yang sudah direndam bersama dengan kaldu ayam sampai lembut dan teksturnya menyerupai bubur. Sesudah beras merah halus menjadi bubur, tambahkan dengan hagung manis, potongan labu kuning, potongan ubi merah, daging ayam, garam dan juga lada lalu aduk dan masak kembali sampai semua bahan matang sempurna, angkat dan sajikan selagi hangat. Komposisi beras merah, ubi, labu dan jagung sangat baik dikonsumsi sebab akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

2. Nasi Merah Panggang

Nasi Merah PanggangDalam setiap porsi nasi merah panggang ini, kamu akan mendapatkan kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti 341.9 kkal energi, 10.4 gram lemak, 44.4 gram karbohidrat, 4.7 gram serat dan juga 17.7 gram protein sehingga menu ini sangat baik kamu santap sebagai variasi makanan diet kamu. Siapkan 2 cup beras merah lalu masak seperti biasa menjadi nasi, 100 gram tauge, 100 gram pak choy, 250 gram daging ayam, 60 gram brokoli, 1 buah cabe merah ukuran besar, 1 batang daun bawang iris menyamping, 5 siung bawang putih iris tipis, garam dan juga lada secukupnya.

Silahkan kamu masak isiannya terlebih dahulu yakni menumis bawang putih dan daun bawang sampai harum kemudian tambahkan daging ayam yang sudah dipotong-potong, cabai iris, lada dan garam lalu tumis sampai setengah matang. Tambahkan dengan tauge, brokoli dan pak choy lalu masak sampai matang. Tuangkan nasi merah yang sudah matang ke dalam 4 buah daun pisang dan tambahkan dengan isian yang sudah dimasak. Bungkus dan kencangkan dengan tusuk gigi lalu panggang selama 20 sampai 30 menit dengan suhu 180 derajat celcius dan sajikan selagi hangat.

3. Nasi Merah Sayuran

Nasi Merah SayuranCara Memasak Nasi Merah Untuk Diet selanjutnya adalah nasi merah sayuran. Untuk membuat nasi merah sayuran, silahkan kamu siapkan bahan-bahan seperti 150 gram beras merah yang sudah dicuci dan ditiriskan, 1 sendok makan margarin, 2 bawang merah iris tipis, 2 bawang putih iris tipis, 2 cabai merah keriting dipotong-potong, 2 buah cabai hijau keriting dipotong-potong, 50 gram wortel di iris memanjang, 50 gram buncis potong-potong, 1/2 sendok teh merica bubuk dan 1 sendok teh garam.

Silahkan kamu masak beras merah hingga menjadi nasi dan sisihkan. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum lalu tambahkan dengan irisan cabai dan aduk kembali sampai layu. Tambahkan dengan wortel serta buncis lalu masak kembali sebentar lalu masukkan nasi merah beserta bumbu dan masak kembali sampai matang merata lalu angkat dan sajikan untuk 2 porsi.

4. Nasi Merah Bawang Putih

Nasi Merah Bawang PutihUntuk membuat nasi merah bawang putih, silahkan kamu siapkan 2 sendok makan minyak zaitun, 2 cangkir beras merah, 6 siung bawang putih cincang, 1 1/2 gelas air, kaldu ayam tanpa garam, 1.2 sendok teh garam dan 4 sendok makan irisan daun bawang. Panaskan minyak dengan api yang tinggi lalu masukkan beras dan tumis selama 1 menit. Tambahkan bawang putih cincang dan tumis kembali selama 2 menit.

Tambahkan juga dengan air, kaldu dan garam lalu tutup, didihkan dan kurangi panasnya sambil terus dimasak dengan api yang sedang selama 45 menit sehingga seluruh cairan bisa diserap ke dalam beras sampai habis. Terakhir, tambahkan dengan irisan daun bawang lalu aduk rata kembali dan siap untuk disajikan. Dalam satu porsi menu ini mengandung 291 kalori, 23 persen lemak, 6 gram protein, 48 gram karbohidrat, 2 gram serat, sodium dan juga 23 mg kalsium sehingga menu ini bisa mencukup kebutuhan gizi saat menjalankan program diet kamu.

5. Nasi Merah Rempah Dengan Jamur

Nasi Merah Rempah Dengan JamurUntuk membuat masakan ini silahkan kamu siapkan 2 cangkir nasi merah yang sudah matang, 1 sendok teh minyak zaitun, 1 bawang bombay cincang kasar, 2 cangkir jamur di iris, daun thyme cincang secukupnya serta garam dan merica secukupnya. Panaskan nasi merah kembali dan panaskan juga wajan dengan api besar lalu masukkan minyak zaitun dan tumis bawang selama 3 menit.

Tambahkan dengan jamur yang sudah diiris, daun thyme dan lada hitam lalu masak kembali selama 5 menit sampai bawang berubah warna menjadi coklat dan jamur menjadi lebih gelap. Tambahkan dengan nasi dan masak kembali selama 2 menit, siap untuk dinikmati. Kandungan jamur yang ada dalam masakan ini akan menambah kadar protein nabati yang sangat dibutuhkan tubuh untuk program diet sekaligus mengmbangkan otot kamu.

6. Nasi Merah Nanas

Nasi Merah NanasUntuk membuat nasi merah nanas, silahkan kamu siapkan 3 sendok makan kecap, 1 sendok makan minyak wijen, 1/2 sendok teh bubuk jahe, 1/4 sendok teh lada bubuk, 2 sendok makan minyak zaitun, 3 siung bawang putih cincang, 2 bawang bombay ukuran kecil potong dadu, 2 buah wortel di parut, 1/2 cangkir jagung pipilan, 1/2 cangkir kacang polong, 3 cangkir nasi merah, 2 cangkir potongan buah nanas, 1/2 cangkir ham dipotong dadu dan 2 batang daun bawang di iris.

Siapkan mangkuk kecil lalu campur kecap manis dengan minyak wijen, bubuk jahe dan lada lalu sisihkan. Panaskan minyak zaitun memakai api sedang lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay dan tumis sampai layu dan harum selama 3 smapai 4 menit. Tambahkan dengan wortel, jagung serta kacang polong lalu masak kembali sampai seluruh sayuran matang selama 3 sampai 4 menit. Tambahkan dengan nasi, potongan nanas, potongan ham dan campuran kecap dan aduk terus sampai semua terserap serta matang sempurna selama 2 menit, sajikan selagi hangat.

7. Nasi Merah Ayam

Nasi Merah AyamUntuk membuat masakan ini, silahkan kamu siapkan 2 sendok makan minyak zaitun, 1 ayam utuh yang dibuang kulitnya lalu belah dada ayam menjadi 2 bagian dan simpan sayapnya, garam dan lada secukupnya, 1 bawang bombay ukuran sedang cincang kasar, 4 siung bawang putih cincang, 1 cangkir beras merah, 4 tomat ceri potong dadu, paprika merah panggang iris dan 10 ons kacang polong. Panaskan minyak dengan api kecil dan bumbui ayam dengan 1 sendok teh garam serta 1/4 sendok teh merica kemudian masak sampai berwarna keemasan di setiap sisinya selama 10 menit dan pindahkan ke piring. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum lalu tambahkan dengan 1 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh merica kemudian lanjutkan memasak selama 5 menit sampai bawang melunak. Tambahkan dengan nasi, tomat, cabai dan 1 1/4 gelas air serta ayam yang sudah matang dan sudah dipotong-potong. Sisihkan dan tutup sampai empuk selama 60 menit. Sesudah semua cairan terserap, tambahkan dengan kacang polong dan irisan paprika merah lalu masak kembali selama 10 menit dan sajikan selagi masih hangat. Dalam 1 porsi menu nasi merah ini memiliki kandungan kalori sebanyak 262 gram, lemak total 3 gram, 52 gram kolesterol, 128 mg sodium, 30 gram karbohidrat, 3 gram serat dan 27 gram protein sehingga sangat cocok dijadikan menu utama saat makan siang atau makan malam program diet harian kamu.