Cara Melakukan Wall Sit yang Benar

Cara Melakukan Wall Sit yang Benar

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Cara Mengolah Sayuran Untuk Menu Diet , Diet Golongan Darah B , Cara Diet Dengan Jeruk Nipis , Cara Diet Tanpa Olahraga , Penyebab Gendut , Contoh Menu Makanan 500 Kalori , Contoh Menu Diet 1200 Kalori yang Bagus , Menu Diet Simple dan Murah , Makanan Penambah Massa Otot , Khasiat Markisa Untuk Diet , Manfaat Makanan Sehat , Daftar Makanan Vegetarian Untuk Diet , Manfaat Pepaya Untuk Diet , Manfaat Ikan Salmon Untuk Diet , Manfaat Ketan Hitam Untuk Diet , Khasiat Buah Langsat Untuk Diet , Manfaat Bawang Lanang Untuk Diet , Manfaat Lidah Buaya Untuk Diet , Menu Diet Aurel Hermansyah , Cara Diet Mengecilkan Pipi Tembem , Tips Diet Tanpa Makan Nasi , Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet , Khasiat Gandum Untuk Diet , Cara Diet Dengan Yoghurt , Diet Garam , Bahaya Diet Ekstrim Yang Mematikan , Cara Membakar Lemak di Paha dan Betis , Cara Diet Dengan Mentimun , Cara Diet Ibu Menyusui , Cara Melakukan Wall Sit yang Benar , Manfaat Push Up Bagi Wanita , Manfaat Yoga Untuk Diet , Manfaat Senam Aerobik Bagi Wanita , Khasiat Yakult Untuk Diet

Cara Melakukan Wall Sit yang Benar

Latihan interval merupakan olahraga yang paling mudah dan efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Brett Klika dan Chris Jordan memperkenalkan “7 Minute Workout” pada Mei 2013. Tim peneliti dari The Human Performance Institute di Orlando, Fla., menjabarkan 7 Minute Workout sebagai kombinasi dari 12 macam latihan yang dilakukan selama 30 detik, dengan diselingi istirahat 10 detik di antara latihan satu dan latihan lainnya.

Meskipun olahraga ini dilakukan hanya dalam tujuh menit, metode yang digunakan sebenarnya membawa Anda keluar dari zona nyaman Anda. Semakin Anda terbiasa melakukannya, Anda harus meningkatkan tingkat kesulitan sedikit demi sedikit. Berikut ini akankami berikan beberapa informasi terkait Cara Melakukan Wall Sit yang Benar :

1. Posisikan badan lurus di depan dinding

Langkah pertama yaitu mulai berdiri tegak di depan tinggi. Sehingga badan Anda posisinya membelakangi dinding. Badan lurus tegak jangan sampai menekuk agar lebih mudah melakukan wall sit. Letakkan tangan di kedua sisi badan kanan dan kiri Anda dengan keadaan tangan yang lurus. Sedangkan untuk kaki posisikan kaki seperti Anda dalam keadaan siap.

2. Langkahkan kaki ke depan

Selanjutnya adalah melangkahkan kedua kaki ke depan sehingga ada jarak sekitar 60 cm antara kaki dengan dinding. Dan posisikan kaki secara terbuka tidak seperti saat siap ketika Anda berdiri tadi. Ukuran rentang kedua kaki ketika terbuka adalah sekitar 15 cm atau lebih kecil dari lebar bahu Anda.

3. Turunkan tubuh ke bawah

Jika posisi kaki sudah benar maka selanjutnya adalah mengatur posisi badan Anda. Turunkan badan Anda dari posisi yang semula berdiri hingga seperti berjongkok atau seperti posisi ketika Anda sedang duduk dan dinding yang menjadi sandaran Anda. Lalu mulai tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat sempurna.

Catatan penting ketika Anda mulai melakukan posisi ini adalah pastikan jika lutut tidak melewati posisi pergelangan kaki. Atau lebih mudah di artikan kedua lutut Anda posisinya harus tepat di atas kedua pergelangan kaki. Biasanya untuk mendapatkan posisi ini Anda harus sedikit menggeser tubuh ke atas maupun ke bawah. Ternyata manfaat plank sebelum tidur sangat menyehatkan untuk tubuh Anda.

Posisi ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk memperkuat otot kuardisep yang terletak di sekitar paha dan juga menguatkan otot hamstring yang ada di paha bagian belakang. Latihan ini juga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada otot lutut. Jika lutut kuat maka aktifitas Anda setiap hari juga bisa lebih lancar. Waspadai bahaya tidur setelah makan untuk tubuh Anda.

4. Tahan posisi seperti duduk tersebut

Langkah selanjutnya adalah tahan posisi seperti duduk di kursi hingga dua puluh detik atau yang lebih baik sekitar enam puluh detik lamanya. Ketika Anda pada posisi ini Anda akan merasakan panas di sekitar paha dan perut. Dan ini artinya lemak di paha dan perut Anda mulai terbakar secara terus menerus. Inilah manfaat olahraga pagi untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

  • Gerakan Wall Sit Menggunakan Medicine Ball

Olahraga wall sit tidak hanya bisa di lakukan dengan gerakan dasar saja. Namun Anda juga bisa menggunakan alat bantu olahraga seperti medicine ball untuk melakukan olahraga wall sit ini. Meskipun menggunakan medicine ball namun Anda tetap bisa mendapatkan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Adapun cara melakukan wall sit dengan menggunakan medicine ball adalah:

1. Posisikan medicine ball di antara lutut

Pertama, lakukan gerakan seperti gerakan dasar wall sit. Setelah Anda pada posisi duduk di atas kursi seperti yang di jelaskan di atas maka posisikan medicine ball di antara kedua lutut Anda dan apit medicine ball tersebut. Jika memang tidak ada medicine ball maka Anda bisa menggantinya dengan bola basket ataupun bola sepak atau bahkan handuk yang di bentuk menyerupai bola.

2. Tekan kuat medicine ball yang ada pada lutut

Anda bisa menggantikan medicine ball dengan bola yang lain namun pastikan bola yang Anda gunakan memiliki tekstur yang empuk dan lembut sehingga tidak akan menyakiti Anda. Setelah bola di posisikan pada kedua lutut maka tekan bola sekuat mungkin dengan menggunakan lutut Anda sembari menahan posisi duduk tadi.

Latihan menahan dan menekan medicine ball dalam gerakan wall sit bermanfaat untuk membuat otot di sekitar area paha menjadi kuat dan kencang. Sebab jika hanya melakukan gerakan wall sit saja maka otot di dalam paha tidak akan tersentuh gerakan wall sit sehingga bisa saja paha Anda menjadi area menumpuknya lemak.

  • Gerakan Wall Sit Menggunakan Dumbel

Olahraga wall sit tidak hanya bisa di gunakan untuk melatih otot paha dan kaki saja namun juga bisa di gunakan untuk melatih otot lengan Anda. Bahkan sembari membentuk lengan Anda agar ideal maka Anda akan mendapatkan bentuk paha, lutut, betis, bokong, bahkan perut Anda yang juga ideal. Cara wall sit dengan menggunakan dumbel adalah:

1. Pegang dumbel di kedua tangan Anda

Mulai gerakan wall sit menggunakan dumbel dengan berdiri sembari meletakkan kedua tangan Anda di samping kanan dan kiri Anda. Untuk dumbel yang Anda gunakan usahakan untuk menggunakan dumbel yang tidak terlalu berat seperti dumbel seberat 1 kg saja sebagai permulaan. Karena jika terlalu berat maka tangan Anda bisa kesakitan dan bahkan bisa terjadi kram otot. Ternyata manfaat push up bagi wanita bisa untuk menurunkan berat badan.

2. Mulai turunkan badan seperti gerakan wall sit dasar.

Kemudian mulai lakukan gerakan wall sit dasar namun tetap jaga posisi tangan tetap lurus di bagian samping kanan dan kiri tubuh Anda. Atur posisi hingga seperti duduk di atas kursi dengan kaki membentuk sudut 90 derajat. Tetapi jangan sampai tangan Anda dalam posisi menekuk agar tidak ada kram otot yang terjadi.