Cara Diet Vege Yang Benar

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Manfaat Lari Pagi , Pemanasan Yang Dilakukan Dengan Rutin , Olahraga Pagi Yang Menurunkan Berat Badan , Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga , Cara Kuruskan Badan Dengan Lemon , Makanan Yang Bikin Gemuk Super Cepat , Kandungan Buah Plum Yang Banyak Manfaatnya , Apakah Plank Bisa Mengecilkan Perut ? , Diet Dengan Sup Kubis , Makanan Pengganti Nasi , Makanan Rendah Kalori , Diet Menggunakan Beras Merah , Cara Diet Vege Yang Benar , Diet Tahu Dan Tempe

Cara Diet Vege Yang Benar

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Manfaat Lari Pagi , Pemanasan Yang Dilakukan Dengan Rutin , Olahraga Pagi Yang Menurunkan Berat Badan , Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga , Cara Kuruskan Badan Dengan Lemon , Makanan Yang Bikin Gemuk Super Cepat , Kandungan Buah Plum Yang Banyak Manfaatnya , Apakah Plank Bisa Mengecilkan Perut ? , Diet Dengan Sup Kubis , Makanan Pengganti Nasi , Makanan Rendah Kalori , Diet Menggunakan Beras Merah , Cara Diet Vege Yang Benar , Diet Tahu Dan Tempe

Cara Diet Vege Yang Benar

Diet vegan dikenal memiliki berbagai macam manfaat, bahkan banyak orang yang memutuskan untuk melakukan diet ini dengan alasan etika karena menghormati hak hewan dan lingkungan serta alasan kesehatan. Bagi yang baru mau mulai menjadi vegan tapi masih bingung bagaimana melakukannya dengan benar, catat beragam tips diet vegan di bawah ini. Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pastikan dan jangan sampai tertukar antara diet vegan dan diet vegetarian. Ini merupakan dua hal yang berbeda. Vegan adalah salah satu dari berbagai jenis diet vegetarian. Diet vegan umumnya menghindari konsumsi semua produk hewani, termasuk olahan dari hewan seperti susu, keju, telur, gelatin, madu, dan sebagainya. Sementara diet vegetarian menghindari daging dan produk hewani, tapi beberapa masih mengonsumsi susu, telur, dan madu. Nah berikut ini kami akan memberikan anda tipsĀ Cara Diet Vege Yang Benar :

1. Bangun Tidur

Ketika Anda bangun tidur dan perut masih dalam keadaan kosong, mulailah hari Anda dengan madu dan jus lemon hangat. Minuman ini sangat efektif sebagai detoks dalam menyingkirkan racun dalam tubuh.

2. Sarapan

Jika Anda sarapan menggunakan telur dadar, ada baiknya Anda kurangi bagian kuningnya yang mengandung lemak itu. Lebih Anda gantikan kuning telur dengan menggunakan jamur, paprika, bayam, atau bawang. Namun jika Anda memilih sarapan menggunakan sereal, lebih Anda kurangi porsinya dan gantikan dengan apel, strawberry, pisang, pear, melon, atau papaya. Anda pun bisa memberikan variasi ketika sarapan menggunakan buah dengan memotong-motong kecil-kecil buah-buahan apa saja di mangkok.

3. Makan Siang

Lebih baik Anda mengurangi porsi makan siang yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, mie. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan sayuran segar seperti tomat, daun selada, dan timun. Atau Anda juga bisa mengkukus sayuran seperti brokoli, wortel, asparagus, sawi putih, labu siam kecil, atau jagung manis. Pada intinya, ketika Anda hendak makan, porsi sayuran harus melebihi 50 persen di piring Anda.

4. Makan Malam

Ketika Anda makan malam, ada baiknya Anda menggunakan salah satu menu berikut ini:

  • Sup bening yang terdiri dari wortel, brokoli, jamur, dan jagung
  • Semangkuk sayuran yang dikukus dengan pepes tahu
  • Sepiring salad sayuran segar yang terdiri dari selada, paprika, tomat yang rendah kalori

5. Camilan Malam

Mungkin Anda belum bisa menghilangkan kebiasaan lama seperti nyemil di malam hari. Hal itu masih diwajarkan dalam program diet vegetarian ini. Hanya saja Anda perlu mengganti camilan Anda dengan menggunakan kecambah, apel, mentimun, wortel, the dengan biscuit, atau talas kukus juga bisa dengan menggunakan jagung manis kukus.

6. Sebelum Tidur

Sebaiknya Anda meminum susu skim hangat sebelum Anda beranjak tidur. Tapi, jika ketika Anda di hari itu sudah sarapan susu, sebelum tidur Anda tidak dianjurkan meminum susu, lebih baik Anda cukup makan buah saja.

Menu Makanan Diet Vegetarian

Untuk Anda yang mencoba melakukan program diet vegetarian, Anda perlu menyusun menu untuk diet. Inilah beberapa menu untuk diet vegetarian :

1. Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak vitajmin, mineral, fitonutrien, antioksidan, protein, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayur-mayur yang baik ini di antaranya seperti brokoli, bayam, peterseli, kale dan lain sebagainya. Sayur-mayur tersebut memiliki kandungan yang rendah kalori dan rendah lemak, sehingga tidak membuat tubuh terkena kolestrol ataupun lemak jenuh yang membuat gemuk badan.

2. Biji-bijian

Biji-bijian ini memiliki banyak kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral. Biji-bijian memang juga mengandung asam lemak, namun lemak ini tergolong lemak yang sehat. Biji-bijian ini di antaranya adalah biji rami, wijen, almond, kenari, kacang, biji bunga matahari (kwaci), dan biji labu. Biji-bijian ini dapat menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu karena seratnya, biji-bijian juga dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh. Biji-bijian memiliki banyak kandungan dan fungsi. Selain menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan kolestrol, biji-bijian juga mampu member kekuatan pada tulang dan kecerdasan otak karena kandungan omega 3 yang banyak.

3. Susu Kedelai

Ikan dan ayam merupakan pantangan bagi orang yang sedang melakukan program diet vegetarian ini. Padahal ayam dan daging merupakan makanan yang kaya akan proteinnya. Sehingga, hal itu dapat diganti dengan susu kedelai sebagai pengganti protein dan nutrisi juga serat yang membantu proses lemak dalam tubuh dari penimbunan hingga pembakaran. Dapat dikatakan bahwa makanan yang terbuat dari bahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, kacang panggang, buncis, lentil, kacang hitam, dapat membantu meningkatkan metabolism dalam tubuh. Metabolism ini akan mengurangi nafsu makan seseorang, sehingga program diet pun dapat berjalan baik untuk menurunkan berat badan.

4. Sereal dan Gandum

Diet Vegetarian bisa menambahkan menu roti gandum Brown Rice, Oats, bubur, atau menggunakan roti Barley yang merupakan makanan dengan kandungan akan kaya gizi yaitu zat besi dan seng sebagai penambah energy dalam tubuh Anda.

5. Buah-Buahan

Buah memiliki kandungan rendah kalori tapi kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Selain meningkatkan metabolism, buah-buahan juga dapat menurunkan tekanan darah, kolestrol, dan menyehatkan jantung. Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kadar airnya seperti semangka, melon, apel, papaya, atau bery.

Manfaat Diet Vegetarian

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari menjalankan program diet vegetarian ini, di antaranya:

  1. Menurunkan kolestrol dalam tubuh karena sayur dan buah tidak mengandung lemak jenuh;
  2. Sayur dan buah merupakan makanan yang mengandung lemak yang baik bagi tubuh, sehingga sayur dan buah dapat mengurangi tekanan darah dan ketegangan hiper dengan tekanan pada batas wajar, bahkan jantung akan tetap berada di kondisi sehat;
  3. Mencegah adanya penyakit kardiovaskular.
  4. Asupan gizi dan serat yang cukup diterima oleh tubuh, asupan tersebut jumlahnya sama dengan kalori yang dihasilkan oleh daging pada umumnya.
  5. Selain keseimbangan gizi, makanan vegetarian pun juga memperlancar proses pencernaan dalam tubuh karena makanan yang mengandung serat yaitu biji-bijian.
  6. Resiko kankerpun masih dapat terhindar karena makanan vegetarian ini, karena makanan vegetarian mengandung zat antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin dan masih banyak nutrisi lainnya yang menyehatkan tubuh. Beberapa nutrisi lainnya itu, dapat menjaga dan meningkatkan sistem imunitas. Dari sinilah dapat dijadikan acuan bahwa makanan vegetarian dapat mengurangi resiko kanker. Selain kanker, makanan vegetarian juga mampu menghindari penyakit jantung, sembelit, wasir, kanker usus, dan lain sebagainya.