Cara Diet Saat Hamil Muda

Cara Diet Saat Hamil Muda

Image result for Hamil Muda

Prinsip utama diet ibu hamil (bumil) sebenarnya bukan sekadar menurunkan berat badan atau membatasi kalori saja, melainkan mengacu pada perbaikan pola makan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, mari kenali diet ibu hamil seperti apa yang sebaiknya Bumil lakukan.

Setiap ibu hamil memiliki berat badan yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi berat badan sebelum kehamilan. Hal ini kemudian akan menentukan target pertambahan berat badan dan pola makan yang dianjurkan selama hamil. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Diet Saat Hamil Muda .

1. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan

Tentunya sebelum kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan kamu. Dengan berkonsultasi kamu dapat menghindari kesalahan yang terjadi bila kamu melakukan diet pada saat hamil. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apakah kamu berada dalam kondisi yang tepat untuk menjalankan program diet. Dengan berkonsultasi kepada dokter kandungan, kamu juga dapat mengetahui nutrisi yang penting pada saat kehamilan sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin akan tetap optimal dan tidak terganggu terlepas dari diet yang kamu lakukan.

2. Jangan lewatkan sarapan

Ibu hamil yang menjalankan program diet harus selalu ingat untuk tidak melewatkan makan pagi atau sarapan. Cobalah untuk selalu makan makanan yang kaya nutrisi pada saat sarapan. Perlu diingat bahwa dengan melewatkan sarapan akan menyebabkan timbulnya keinginan untuk makan dengan jumlah yang lebih banyak pada waktu makan berikutnya tiba. Selain itu, melewatkan sarapan juga akan menimbulkan berbagai gangguan seperti keluhan pusing, mual dan lain-lain.

3. Susun daftar menu diet

Cara Diet Saat Hamil Muda yang ketiga adalah menyusun daftar menu makanan untuk diet. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak akan memakan makanan secara berlebihan. Selain itu, dengan menyusun daftar makanan yang kamu makan setiap harinya, kamu akan dapat mengetahui dan mengatur jumlah asupan kalori kamu setiap harinya.

4. Pilih makanan sehat

Kamu pasti bertanya, apa saja yang merupakan makanan sehat? Jawabannya adalah makanan yang kaya akan serat serta rendah lemak dan gula. Mengapa demikian? Makanan dengan kadar gula yang berlebih cenderung mudah menimbulkan rasa lapar. Makanan dengan kadar serat yang tinggi juga dapat membantu kamu untuk merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menyediakan buah buahan dan sayuran sebagai pengganti makanan ringan dalam kemasan. Buah dan sayuran selain mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, juga kaya akan serat sehingga dapat membantu untuk menekan rasa lapar.

5. Olahraga

Olah raga bagi ibu hamil sangat disarankan untuk menjaga kehamilan. Dengan olah raga yang teratur, ibu hamil akan dapat menghindari kelebihan berat badan. Selain itu, juga dapat mengurangi resiko cacat pada janin, rasa nyeri pada saat hamil serta resiko kelahiran bayi secara premature. Namun, hal yang perlu diingat adalah tidak berolah raga secara berlebihan sehingga membahayakan ibu hamil dan janin. Oleh sebab itu, pilihlah olah raga yang tidak terlalu berat seperti senam kehamilan sesuai dengan usia kehamilan, jalan pagi dan yoga.

6. Atur porsi makan

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil biasanya dihadapkan pada rasa mual dan susah makan yang lebih dikenal dengan istilah morning sickness. Kondisi ini tidak jarang menyebabkan berkurangnya nutrisi yang diperoleh. Untuk mencegahnya, sebaiknya porsi makan diatur sedemikian rupa, sehingga kamu bisa makan dengan porsi yang lebih kecil, tetapi dengan frekuensi yang lebih sering.

7. Hindari kadar garam berlebih

Pada saat kehamilan, kadar garam yang berlebihan dapat memberikan dampak yang sangat buruk. Kelebihan kadar garam dapat menyebabkan kegemukan. Selain itu, garam juga dapat merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh, sehingga kamu cenderung merasa haus secara terus menerus. Selain itu, garam juga dapat meningkatkan tekanan darah dan menimbulkan penyakit seperti hipertensi dan stroke, serta praeklampsia pada ibu hamil.

8. Hindari kafein, soda dan minuman beralkohol

Selama hamil sebaiknya kamu menghindari soda, kafein dan minuman beralkohol. Soda mengandung kadar gula yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kamu mengkonsumsi gula secara berlebih. Selain itu, soda biasanya mengandung bahan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan. Sementara itu, kafein dapat menyebabkan ibu hamil mengalami masalah jantung berdebar debar dan resiko masalah jantung untuk janin.

Selain itu, minuman beralkohol juga harus dihindari. Minuman beralkohol telah lama dikaitkan dengan kelahiran bayi secara premature, cacat intelektual dan cacat lahir serta bayi dengan berat badan yang rendah.

9. Minum air putih yang cukup

Dehidrasi sering kali salah dimengerti. Sering kali dehidrasi diartikan sebagai rasa lapar. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu minum air yang cukup. Tubuh manusia membutuhkan setidaknya 8 gelas air setiap hari. Minum air juga dapat membantu menjaga berat badan. Air putih akan membantu proses metabolism sehingga pembakaran kalori dapat berlangsung lebih cepat. Selain itu tentunya air putih sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi.

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan janin. Oleh sebab itu, kamu harus sangat memperhatikan apa yang kamu makan selama kehamilan.

Untuk menjaga berat badan kamu selama masa kehamilan kamu harus mengendalikan berat badan dengan cara yang aman dan sehat. Sesudah mengetahui apa saja cara untuk melakukan diet secara aman dan sehat selama masa kehamilan, apakah kamu tertarik untuk melakukannya? Semoga membantu yah. Stay healthy and stay beautiful during your pregnancy.