Cara Diet Penderita Maag

Cara Diet Penderita Maag

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Macam Push Up Yang Melangsingkan , Manfaat Sit Up untuk Otot dan Tubuh Ideal , Cemilan Untuk Diet Debm , Khasiat Quaker Oat Untuk Diet , Efek Samping Diet Apel , Cara Diet Dengan Ubi Kayu , Makanan Sehat untuk Diet Kolesterol , Khasiat Kentang Rebus Untuk Diet , Khasiat Tahu Rebus Untuk Diet , Khasiat Roti Tawar Untuk Diet , Manfaat Diet Militer Bagi Kesehatan , Program Diet Untuk Obesitas , Efek Samping Diet Dengan Herbalife , Daftar Susu Penurun Berat Badan Paling Cepat , Jus Sayur Untuk Diet Sehat , Khasiat Sawi Untuk Diet , Resep Salad Sayur Untuk Diet , Bahaya Gorengan Untuk Diet , Khasiat Lada Hitam Untuk Diet , Diet Kentang Rebus , Manfaat Push Up Sebelum Tidur , Gerakan Mengecilkan Perut dan Pinggang , Diet Rendah Lemak , Cara Diet Dengan Daun Seledri , Efek Samping Obat Pelangsing , Diet Matahari , Bahaya Tidur Setelah Makan Bagi Kesehatan , Bahaya Diet Tinggi Protein , Kesalahan Dalam Diet , Cara Diet Ketika Hamil , Cara Diet GM Yang Benar , Pantangan Diet Mayo , Manfaat Bengkoang Untuk Diet , Cara Menahan Nafsu Makan Saat Diet , Diet Coklat , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Diet Yang Ampuh Menurunkan Berat Badan , Diet Golongan Darah AB , Diet Golongan Darah B , Cara Diet Penderita Maag

Cara Diet Penderita Maag

Memiliki tubuh yang langsing tentunya merupakan suatu kebutuhan untuk wanita, terlebih lagi wanita merupakan orang yang selalu ingin tampil sempurna. Nah, cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang langsing salah satunya yaitu dengan diet. Namun, diet tersebut pada kenyataannya tidak bebas dilakukan oleh siapa saja.  Misalkan orang yang menderita maag dan ingin menjalankan program diet, terkadang di dera oleh ke khawatiran karena takut diet yang dilakukannya dapat memicu kambuhnya penyakit yang diderita. Berikut ini kami akan memberikan anda Cara Diet Penderita Maag :

1. Menu Diet

Untuk Anda yang memiliki gangguan pencernaan seperti maag, ketika Anda menjalankan program diet, ubah menu makanan Anda. Menu diet untuk maag adalah dengan makan nasi porsi kecil setiap tiga jam sekali dan mengganti camilan dengan buah-buahan yang rendah kalori seperti semangka, melon dan pepaya.

Walaupun diet Anda tidak dianjurkan untuk menunda makan, karena membuat lambung mencerna lapisan dinding lambung yang disebabkan kosongnya perut hingga terjadi tukak atau iritasi lambung. Inilah yang menyebabkan mual dan perih di perut.

2. Hindari Makanan yang Sulit Dicerna

Jika Anda memiliki penyakit maag, tapi Anda ingin melakukan program diet, ada baiknya Anda menghindari makanan yang sulit dicerna seperti makanan dengan kadar lemak yang tinggi yang di antaranya gorengan, cokelat, dan kue tart; makanan pedas seperti cabai paprika, lada, atau merica; dan makanan yang mengandung banyak krim seperti keju, juga makanan lain seperti nangka, sawi, kedondong, pisang ambon, kol, dan buah-buahan yang sudah melalui proses pengeringan. Karena makanan yang keras akan membuat lambung Anda untuk bekerja lebih keras lagi dan membuat lambung tidak bekerja secara optimal. Jika lambung tidak bekerja optimal, maka proses pengosongan perut akan semakin sulit.

Selain itu Anda juga perlu menghindari minuman yang mengandung gas atau soda. Selain minuman gas soda, Anda juga perlu menghindari kopi dan alkohol walau sebatas anggur putih. Juga minuman sari buah sitrus yang keasamannya membuat asam lambung akan semakin naik. Hindari juga buah-buah yang mengandung asam seperti mangga, manggis, dan lain sebagainya.

3. Olahraga Secara Rutin

Cobalah untuk sering menggerakkan badan seperti olahraga kecil. Olahraga kecil pun bisa Anda lakukan dengan cara jalan kaki selama setengah jam setiap harinya. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari sebagai pembakar lemak dalam tubuh Anda. Namun jika Anda melakukan olahraga, semakin maksimal akan semakin membantu Anda dalam menjalankan program diet Anda. Olahrga selain lari kecil, Anda juga bisa melakukannya dengan bersepeda, jalan-jalan, atau melakukan gerakan-gerakan kecil di tempat.

4. Obat Maag

Selain menjalankan program diet dengan pola makanan atau menu diet yang sehat, Anda juga perlu mengobati penyakit maag Anda dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari biji-bijian seperti biji pepaya yang kaya akan serat. Caranya pun cukup mudah, cuku ambil biji pepaya secukupnya dan jemur hingga kering. Kemudian tumbuk sampai halus lalu diseduh. Anda minum air sarinya secara teratur setiap hari.

Namun, jika perut masih terasa sakit karena maag, Anda perlu mencobanya dengan menggunakan daun-daunan dan rempah-rempah dengan menyiapkan 5 gram daun pepaya, 10 gram daun seruni putih, 10 gram daun pegangan, 5 gram kencur, 5 gram sembung. Tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus, lalu minum sarinya.

5. Hindari Rokok

Cara diet bagi penderita maag yang selanjutnya adalah menghindari rokok. Diet merupakan program untuk menyehatkan badan sehingga menggunakan pola hidup sehat untuk melakukan program tersebut. Dengan kata lain Anda perlu mengatur pola hidup Anda dengan benar. Merokok merupakan pola hidup yang tidak sehat. Karena dapat memicu terjadinya asam dan gas yang berlebih dalam lambung yang menyebabkan kembung, mual, juga nyeri. Selain itu juga menambah sekresi asam lambung yang membuat penyakit maag semakin parah dan munculnya iritasi lambung.

6. Lakukan Bertahap

Dalam melakukan progam diet dengan kondisi memiliki penyakit maag sebaiknya Anda melakukannya secara bertahap bukan dengan melakukannya secara drastis yang membuat Anda memaksa diri Anda sendiri. Lakukan diet secara bertahap dengan target. Katakanlah di tahap pertama Anda menentukan turun berat badan dari 5 sampai 10 persen. Jika sukses lanjutkan ke tahap berikutnya dan lakukan secara konsisten.

7. Mengurangi Porsi Makan

Anda perlu mengurangi porsi makan Anda hingga sepertiga atau setengahnya dari porsi yang biasa Anda lakukan. Diperlukan juga sebagai tambahan Anda dapat meminym susu nonfat tanpa gula atau dengan minum teh hangat tanpa gula. Jangan makan makanan yang mengandung minyak dan santan.

8. Pola Tidur

Tidak hanya pola makan yang diatur, pola istirahat atau pola tidur pun juga perlu diatur dalam menjalankan program diet. Jangan sampai Anda terlalu terlena dengan mengatur pola makan Anda, tapi lupa dengan pola tidur Anda sendiri yang padahal juga menunjang bagi kesehatan dan lancarnya program diet. Dengan mengatur pola istirahat yang cukup dapat membantu program diet Anda berjalan dengan baik dan sehat. Karena perlu Anda ketahui bahwa penyakit maag juga bisa terjadi karena kurangnya pola tidur seseorang. Di mana ketika tidur, lambung bekerja secara lebih cepat, namun lambung bekerja secara cepat tidak sesuai dengan waktunya. Usahakan untuk tidur selama tujuh sampi delapan jam per harinya. Waktu itu sudah cukup bagi seseorang yang normal dalam menjalani pola hidup yang sehat. Sehingga, jangan sering begadang jika tidak diperlukan.

Mungkin hanya itu beberapa cara yang bisa kita sampaikan untuk Anda yang ingin menjalankan program diet namun terhambat karena penyakit maag yang Anda miliki. Selain sukses menjalankan program diet, cara-cara di atas Anda juga dapat mengobati penyakit maag Anda bukan?

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan obat maag atau program diet yang cocok untuk Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan obat herbal yang mulai marak di lingkungan kita dengan berbagai informasi yang terpercaya dan terbukti sumbernya.