Cara Diet Dengan Yoghurt

Cara Diet Dengan Yoghurt

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Cara Mengolah Sayuran Untuk Menu Diet , Diet Golongan Darah B , Cara Diet Dengan Jeruk Nipis , Cara Diet Tanpa Olahraga , Penyebab Gendut , Contoh Menu Makanan 500 Kalori , Contoh Menu Diet 1200 Kalori yang Bagus , Menu Diet Simple dan Murah , Makanan Penambah Massa Otot , Khasiat Markisa Untuk Diet , Manfaat Makanan Sehat , Daftar Makanan Vegetarian Untuk Diet , Manfaat Pepaya Untuk Diet , Manfaat Ikan Salmon Untuk Diet , Manfaat Ketan Hitam Untuk Diet , Khasiat Buah Langsat Untuk Diet , Manfaat Bawang Lanang Untuk Diet , Manfaat Lidah Buaya Untuk Diet , Menu Diet Aurel Hermansyah , Cara Diet Mengecilkan Pipi Tembem , Tips Diet Tanpa Makan Nasi , Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet , Khasiat Gandum Untuk Diet , Cara Diet Dengan Yoghurt , Diet Garam , Bahaya Diet Ekstrim Yang Mematikan

Cara Diet Dengan Yoghurt

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer. Berikut ini kami akan membahas mengenai Cara Diet Dengan Yoghurt :

1. Mengkonsumsi Yoghurt di Pagi Hari

Mengkonsumsi yoghurt di pagi hari baik bagi kalian yang sedang menjalankan diet sehat. Namun, mengkonsumsi yoghurt di pagi hari tidak disarankan bagi mereka yang sedang menderita maag akut. Mengkonsumsi yoghurt dengan jumlah sekitar 200 ml di pagi hari juga bisa diikuti dengan buah – buahan dan disajikan menjadi salad buah.

2. Mengkonsumsi Yoghurt di Siang Hari

Sebagai menu makan siang, anda bisa mengkonsumsinya diikuti dengan menu makan siang yang biasa dikonsumsi. Menu makan siang juga harus seimbang berisi karbohidrat, protein, mineral, dan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, demi mendapatkan diet yang berhasil dan efektif, anda tetap menyesuaikan jumlah atau porsi makan siang yang anda konsumsi.

3. Mengkonsumsi Yoghurt di Malam Hari

Pada malam hari, kita biasanya menikmati menu makan malam dengan sayuran dan buah – buahan yang memiliki kaya serat. Dan untuk penderita maag, mengkonsumsi yoghurt di malam hari bisa menjadi alternatif apabila tidak dapat mengkonsumsinya di pagi hari. Selain itu, yoghurt juga bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin sebagai minuman  atau seperti biasa dicampur dengan buah – buahan segar. Tapi, tetap jangan lupa bahwa yoghurt yang baik dikonsumsi adalah sekitar kurang lebih 200ml.

4. Sebagai Menu Camilan yang Sehat

Selain sebagai pendamping makanan baik pagi, siang, ataupun malam hari, yoghurt nyatanya bisa menjadi cemilan sehat pengganti snack, biskuit, atau makanan ringan lainnya. Makanan – makanan tersebut memiliki tingkat kalori lebih tinggi dibandingkan makanan karbohidrat lainnya, apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun, berbeda apabila kita memilih mengkonsumsi yoghurt dalam bentuk botol atau bentuk lainnya. Karena mengkonsumsi yoghurt tidak akan menaikkn berat badan karena kalori di dalamnya adalah kalori berjumlah rendah.

5. Mengkonsumsi Yoghurt Secara Teratur

Teratur disini bukan berarti harus mengkonsumsi yoghurt secara rutin. Karena mengkonsumsi yoghurt secara rutin juga tidak baik untuk kesehatanhal yang perlu ditekankan adalah anda harus mengkonsumsi yoghurt secara teratur dengan porsi yang dianjurkan. Yaitu 200 ml. kemudian, perhatikan pola makan. Apabila pola makan yang tidak sebanding dengan pengkonsumsian yoghurt, hal ini hanya akan menjadi sia – sia saja. Terlebih tidak akan memberikan efek positif bagi program diet yang sedang anda lakukan.

Manfaat Yoghurt untuk Diet

Berikut ini ada beberapa manfaat mengkonsumsi yoghurt untuk membantu program diet agar berhasil dan efektif, diantaranya

  • Mengurangi Lemak di Bagian Lingkar Pinggang

Yoghurt bisa dijadikan pengganti makanan yang efektif untuk membuat perut terasa kenyang. Terlebih untuk para penderita obsesitas, yoghurt dapat membantu mengurangi lemak di bagian lingkar pinggang. Bagi mereka yang menderita obesitas, mereka dapat mengkonsumsi yoghurt tiga kali sehari selama dua minggu.

Dengan minum yoghurt, bagi penderita obesitas akan mengalami penurunan kadar atau jumlah lemak di daerah sekitar perut lebih banyak dibandingkan yang tidak minum yoghurt secara rutin. Sekitar 61% kadar lemak di dalam tubuh di redusi  oleh asupan yoghurt yang dikonsumsi. Selain itu, setelah minum yoghurt, tubuh akan terasa lebih kencang. Hal ini di karenakan jaringan otot menjadi lebih besar dibandingkan sebelum mengkonsumsi yoghurt secara rutin.

  • Membantu Memperlancar Proses Pencernaan

Selain mampu menurunkan kadar lemak di dalam tubuh, yoghurt juga terbukti mampu memperlancar proses pencernaan. Maka dari itu, yoghurt sangat bermanfaat bagi mereka yang kesulitan dalam memproses pencernaan, atau memiliki pencernaan yang kurang teratur. Selain itu, yoghurt juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Tips untuk Memilih Yoghurt yang Baik untuk Diet

Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua jenis yoghurt cocok dikonsumsi sebagai menu alternatif saat menjalani program diet. Hal ini dikarenakan ada beberapa yoghurt yang memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang dalam program diet. Berikut ini beberapa tips bagaimana memilih yoghurt yang baik agar melancarkan diet, antara lain:

1. Tidak Semua Yoghurt Memiliki Khasiat yang Sama

Anda harus memperhatikan terlebih dahulu yoghurt yang akan anda konsumsi untuk mengurangi lemak jahat di dalam tubuh. Hanya yoghurt yang memiliki bakteri hidup dapat memberikan banyak manfaat untuk meredusi jumlah lemak dalam tubuh. Selain itu, beberapa jenis yoghurt, seperti pasteurized yoghurt atau frozen yoghurt tidak baik untuk dikonsumsi saat diet. Hal ini dikarenakan kedua jenis yoghurt ini tidak mengandung bakteri hidup  serta nutrisi yang sama dengan jenis yoghurt lainnya.

2. Tidak Semua Yoghurt memiliki Kalori yang Rendah Lemak

Yoghurt memiliki kadar asam yang tinggi. Namun tidak semua yoghurt dengan kadar keasaman yang tinggi juga memiliki kalori yang rendah lemak. Kadar lemak yang ada di dalam yoghurt tergantung dari bahan susu yang dipakai untuk mengolah yoghurt tersebut. Apabila kandungan susu yang dipakai merupakan susu yang mengandung banyak lemak, bukan tidak mungkin kandungan lemak di dalam yoghurt juga tinggi.  Sehingga, apabila anda sedang berada di dalam program diet, akan lebih baik memilih yoghurt yang terbuat dari susu rendah lemak.

3. Periksa Label Yoghurt

Memeriksa apa yang ada di dalam yoghurt merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi yoghurt saat program diet. Apabila di dalam label yoghurt terdapat tulisan Strawberry, bisa dipercaya bahwa yoghurt tersebut memang menggunakan buah mangga sebagai campurannya. Namun, apabila hanya terdapat tulisan rasa mangga, itu berarti yoghurt tersebut hanya diberikan perasa mangga, bukan berasal dari buah mangga asli.

4. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Tidak hanya yoghurt, semua makanan harus diperhatikan tanggal kadaluarsanya. Setelah memastikan tanggal kadaluarsanya, akan lebih baik disimpan di dalam kulkas dengan suhu 4– 6o C. Mengapa? Karena apabila yoghurt disimpan dalam keadaan dingin, yoghurt dapat bertahan 2 minggu tanpa banyak mengalami penurunan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Kemudian, apabila yoghurt disimpan sesuai dengan suhu ruang, gumpalan yang ada di dalam yoghurt akan pecah. Apabila hal itu terjadi, cita rasa di dalam yoghurt menjadi lebih asam dari pada biasanya.

5. Pilih yang Tinggi Kalsium dan Prebiotik

Yoghurt yang memiliki kandungan kalsium serta prebiotik yang tinggi sangat baik bagi diet. Hal ini dikarenakan prebiotic sangat membantu memproses pencernaan makanan di dalam usus menjadi lebih cepat. Sehingga otomatis makanan bisa menjadi lebih cepat di cerna dan sisanya dibuang.

6. Pilih Yoghurt yang Rendah Gula

Sama seperti rendah lemak, yoghurt dengan rendah gula sangat membantu program diet yang sedang di jalankan. Karena apabila kandungan gula di dalam yoghurt lebih banyak, hal ini akan sia – sia saja.

Demikian penjelasan bagaimana cara diet dengan yoghurt yang baik tanpa efek samping. Kita tetap bisa mengontrol kadar lemak yang ada di dalam tubuh, tanpa harus menderita kelaparan karena salah memilih program diet yang ingin dijalani. Memilih cara diet dengan menggunakan yoghurt adalah pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak sempat menjalani program diet dengan baik. Selamat mencoba.