Cara Detoks Alami Dan Simpel

Cara Detoks Alami Dan Simpel

Tanpa Anda sadari, terkadang Anda memasukkan banyak makanan dan minuman yang tidak sehat ke dalam tubuh. Inilah yang kemudian membuat Anda merasa kembung, lelah, dan membutuhkan detoks–alias pengusiran racun dari tubuh.

“Salah satu efek negatif dari pola makan dan minum yang buruk seiring waktu adalah rusaknya metabolisme,” ujar Sarah Asay, ahli diet bersertifikat. “Disfungsi metabolisme bisa menyebabkan peningkatan berat badan, peningkatan tekanan darah dan kolesterol, penurunan energi, keinginan mencemil, dan susah tidur.”

Untungnya, menurut Asay, semua simtom di atas bisa dikurangi atau diatasi dengan perubahan gaya hidup. Namun, siapa yang mau menunggu enam bulan untuk memperbaiki metabolisme?

Untungnya, beberapa perubahan mudah ini bisa men-detoks tubuh dengan lebih cepat. ini dia Cara Detoks Alami Dan Simpel :

  1. Memperoleh Udara Segar

Racun di dalam tubuh kita sebenarnya juga bisa disebabkan oleh terlalu seringnya kita berada di tempat-tempat yang tingkat polusinya tinggi. Untuk proses detoks yang alami dan simpel, beradalah di luar ruangan yang udaranya segar dan sejuk. Hiruplah udara segar sejam saja setiap hari supaya tubuh jauh merasa lebih baik.

Menghirup udara segar sejam atau lebih setiap hari adalah cara yang baik serta alami dalam meningkatkan kualitas udara yang masuk dan memenuhi tubuh. Selain itu, ini adalah aktivitas yang tepat untuk memperbaiki suasana hati, meningkatkan kesehatan mental, sekaligus menjadi cara menghilangkan stres pikiran yang jitu.

  1. Melakukan Peregangan

Peregangan adalah salah satu cara melenturkan otot yang sebenarnya berguna tak hanya sekadar untuk mencegah ketegangan dan kekakuan tubuh. Kita pasti sadar betul bahwa ada beberapa otot tubuh yang tak kita gerakkan dan gunakan secara maksimal di hari biasa, maka berfokuslah pada otot-otot tersebut juga.

Detoksifikasi sensorik melalui peregangan dengan melakukan pose-pose khusus memang sepertinya tak memberikan perubahan cukup signifikan, tapi sebenarnya peregangan yang dilakukan rutin bisa membantu kita memperoleh kenyamanan bagi tubuh. Tubuh juga tak jadi gampang stres dengan melakukan latihan fisik seperti ini secara teratur.

  1. Berfokus pada Pola Makan Sehat Tanpa Berlebihan

Menjaga pola makan dengan memilih asupan bernutrisi tinggi tentunya tidak salah, namun dengan membatasi kelompok makanan tertentu yang padahal gizinya tubuh kita butuhkan, hal ini tak tergolong baik untuk detoksifikasi. Program diet tertentu cukup ekstrem dan mengharuskan kita menghindari sejumlah asupan nutrisi penting.

Memang pada akhirnya berat badan yang tadinya berlebih, bisa turun atau kembali pada angka ideal. Mungkin menurut kita itu sehat, tapi cara ini tak akan bertahan lama. Tubuh tetap memerlukan gula, lemak, kalori, karbohidrat, dan juga sodium (asupan-asupan yang biasanya dihindari), namun asalkan asupan berbasis moderasi (tidak berlebihan), maka inilah detoksifikasi yang sesungguhnya.

  1. Minum Lebih Banyak Air

Mungkin beberapa dari kita paling malas minum banyak-banyak, entah itu karena sering buang air kecil, atau karena terlalu banyak berada di ruangan AC sehingga tak merasa haus. Haus atau tidak, seberapa sering pun harus buang air kecil, minum air putih sering-sering dan lebih banyak 8-10 gelas per hari adalah cara detoks termudah dan termurah.

Metabolisme tubuh pasti akan meningkat karena asupan cairan bagi tubuh dicukupi dengan baik. Karena proses detoksifikasi inilah, kesehatan kulit meningkat serta gangguan pencernaan pun tak akan jadi masalah lagi sehingga tubuh dijamin menjadi lebih sehat dan bugar. Jadi daripada berpuasa atau menghindari sekelompok makanan tertentu yang menjadikan tubuh kurang gizi, minumlah air putih sering-sering.

  1. Melakukan Hal-hal Menyenangkan yang Positif

Temukan hal-hal baru atau setidaknya hal-hal yang benar-benar bisa membuat suasana hati selalu baik. Tapi, tentu tidak dengan merokok, mengemil makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, minum alkohol, menggunakan narkoba dan kebiasaan-kebiasaan lain yang negatif.

Mengobrol bersama teman yang membawa dampak positif pada kita, menonton film bagus, membaca buku yang seru, dan pergi ke tempat-tempat yang selama ini ingin dikunjungi bakal menjadi detoks untuk jiwa yang terbaik. Bukan hanya tubuh terhindar dari stres serta menjadi lebih sehat bugar, kita bisa bangun kebiasaan lebih baik serta membuat tubuh kita jadi jauh lebih produktif.

  1. Tidur Cukup

7-8 jam tidur adalah yang paling ideal dan paling bermanfaat bagi tubuh dan kita harus pastikan untuk dapatkan ini setiap malamnya. Ketika kita lebih memilih tidur daripada bermain ponsel, sebenarnya kita sedang menolong diri sendiri untuk bangun lebih segar keesokan harinya. Bahkan dengan terbiasa mendapatkan istirahat cukup, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit, dan akan selalu bersemangat.

Itulah sejumlah cara paling simpel dan alami yang bisa dilakukan sehari-hari mulai dari sekarang agar jiwa, mental, pikiran dan fisik terdetoks secara maksimal. Tak perlu harus susah-susah menjalani diet tertentu yang terlalu ketat dan ekstrem. Keenam poin tersebut benar-benar bisa menolong, jadi semoga bermanfaat.