Camilan Diet Sehat Tengah Malam

Camilan Diet Sehat Tengah Malam

Lapar di Tengah Malam? Ini 5 Camilan Sehat yang Aman Dikonsumsi ...

Rasa lapar bisa menyerang kapan saja, tak terkecuali di tengah malam. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu memikirkan menu apa yang sebaiknya dikonsumsi agar perut bisa kenyang tanpa takut berat badan bertambah. Sebelum Anda berpikir untuk membuat mi instan plus telur, sebaiknya pilih menu makanan yang lebih sehat dan aman untuk pencernaan, seperti buah-buahan serta makanan yang kaya kandungan serat dan vitamin. Ada aturan jumlah persentase yang harus dipenuhi jika Anda ingin merasa kenyang tanpa harus makan-makanan berat, yaitu 40% sayuran, 40% karbohidrat, dan 20 % protein. Nah, daripada bingung menghitung komposisi makanan Anda, kenapa tidak mencoba berbagai menu camilan sehat yang sudah dipastikan aman dikonsumsi pada tengah malam? . Inilah beberapa Camilan Diet Sehat Tengah Malam dibawah ini.

1. Setengah porsi roti lapis kalkun

Jika Anda ingin camilan sehat tengah malam, setengah porsi roti lapis gandum bisa menjadi pilihan. Tubuh akan mencerna biji-bijian lebih lambat, jadi Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Sementara, daging kalkun mengandung triptofan, asam amino yang akan membuat Anda mengantuk. Alternatif lain bagi yang tak suka kalkun, bisa mencoba selai kacang atau mentega almond. Selai kacang mengandung lemak sehat yang bisa meningkatkan kadar serotonin. Hormon pembangkit suasana hati yang bahagia dan membantu Anda rileks.

2. Biskuit gandum utuh dan keju

Perut protes minta diisi di tengah malam? Cobalah beberapa biskuit gandum utuh. sebagai makanan ringan yang rendah lemak. Atau, menikmati satu sendok keju cottage dengan kandungan triptofan akan membuat Anda makin pulas hingga pagi.

3. Popcorn

Popcorn masih termasuk camilan sehat tengah malam apabila tidak ditambah garam atau mentega. Popcorn terbuat dari jagung yang tergolong biji-bijian utuh dan memiliki serat. Jadi, popcorn bisa mengenyangkan dan lebih sehat ketimbang keripik atau kue manis.

4. Granola bar rendah gula

Ingin camilan sehat tengah malam dengan rasa manis? Cobalah granola bar yang rendah gula. Baca terlebih dahulu label nutrisi yang tercantum pada kemasan sebelum mengonsumsinya. Pastikan, granola bar memiliki kandungan protein, serat, dan sedikit gula.

Sebagai alternatif lain, setengah buah pisang atau segenggam kacang-kacangan, seperti kacang almond. Kacang-kacangan ini dapat menjadi sumber magnesium dan mineral yang dapat menurunkan berat badan.

5. Greek yogurt 

Bagi Anda yang menginginkan makanan mengandung krim di tengah malam, greek yogurt adalah ide terbaik. Sediakan greek yogurt sebagai camilan sehat tengah malam dengan taburan buah segar, seperti ceri atau rasberi untuk tambahan nutrisi mengandung antioksidan tinggi.

Selain itu, rasa manis alami dari buah-buahan turut meningkatkan cita rasa greek yogurt yang umumnya tawar. Keuntungan lain dari camilan sehat tengah malam ini mengandung melatonin, yaitu hormon yang membantu Anda terbuai ke alam mimpi sebagai pemicu rasa kantuk.

6. Teh herbal

Ada kalanya, di tengah malam buta, Anda hanya ingin menghangatkan tubuh dengan secangkir teh herbal rendah kalori yang menenangkan pikiran.

Teh herbal yang bebas kafein membantu Anda lebih rileks sebelum tidur. Cobalah jenis teh terbuat dari daun chamomile, passionflower, atau valerian. Teh peppermint juga bisa menjadi pilihan yang menenangkan, asalkan porsinya tidak berlebihan agar tidak memicu kembung atau mulas.

Bagi Anda yang gelisah atau hanya sekadar ingin menikmati camilan sehat tengah malam, silakan coba deretan camilan di atas. Memilih camilan malam hari yang tepat akan membantu Anda lebih rileks sehingga tidur lebih nyenyak.