Bahaya Diet Untuk Remaja

Bahaya Diet Untuk Remaja

Image result for Bahaya Diet Untuk Remaja

Banyak remaja di sekolah bicara tentang diet terbaru yang populer dan rencana penurunan berat badan. Diet seperti ini biasanya membatasi pilihan makanan Anda dan mungkin memerlukan makanan khusus seperti pil dan suplemen. Sebagai gantinya, banyak remaja yang ingin menurunkan badan secara instan, seperti dilansir dari fit.webmd.com.

“Banyak remaja mencoba untuk diet dan merasa gagal ketika berat mereka tidak turun,” kata Linda Schander, LRD, CDE, ahli diet untuk pasien rawat jalan yang bekerjasama dengan  Sanford Health Eating Disorders Institute, Fargo, North Dakota.

“Kalian tak perlu berdiet!” sarannya.

Seperti remaja lain, Anda mungkin melompat dari satu pola diet ke pola lainnya. Anda selalu berharap akan menemukan penurunan berat badan pada program diet yang tepat. Tapi, Anda sungguh tak perlu menurunkan berat badan. Untuk itu bagi remaja yang gemar untuk diet , maka simaklah ulasan berikut ini mengenai Bahaya Diet Untuk Remaja yang wajib anda ketahui sbelum menjalani diet .

1. Munculnya beberapa penyakit untuk tubuh

Bahaya diet yang akan di rasakan para remaja saat pertama kali melakukannya adalah munculnya beberapa penyakit ringan. Seperti sakit kepala, sembelit, dan diare. Meskipun merupakan penyakit ringan namun tetap harus diwaspadai bahayanya.

2. Dehidrasi hebat

Jika Anda seorang remaja dan baru mencoba diet maka Anda akan mengalami dehidrasi. Hal ini wajar, namun bahayanya jika dehidrasi yang Anda alami adalah dehidrasi abnormal.

3. Resiko kekurangan gizi

Remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan memang seharusnya mendapatkan asupan gizi yang lengkap. Saat diet maka pelakunya harus mengurangi asupan gizi ke dalam tubuh. Dimana jika ini dilakukan oleh remaja bisa menyebabkan penyakit kekurangan gizi.

4. Depresi meningkat

Tahukah Anda jika bahaya diet untuk remaja bisa menyebabkan depresi meningkat? Hal ini disebabkan karena remaja merasa tertekan dan tidak bisa mengendalikan emosinya.

5. Rasa percaya diri menurun

Diet yang dilakukan seseorang tidak selalu berhasil, bahkan ada beberapa yang mengalami kenaikan berat badan setelah melakukan dietnya. Hal ini bisa menjadi penyebab menurunnya rasa percaya diri pada remaja yang mengalaminya.

6. Kecanduan diet

Salah satu bahaya diet yang dipakai oleh seorang remaja bisa membuatnya merasa kecanduan pada cara diet tersebut. Sehingga meskipun sudah kurus ia tetap melakukan cara dietnya.

7. Kesehatan terganggu

Cara diet yang salah bisa saja mengganggu kesehatan seorang remaja. Apalagi mengingat metabolisme seorang remaja masih sangat rendah.

8. Pertumbuhan terhambat

Diet yang dilakukan secara terus menerus bisa menghambat pertumbuhan seorang remaja. Jadi bisa saja hal ini sangat mengganggu untuk remaja yang menjalankan diet.