Akibat Kelebihan Kalori Bagi Tubuh

Akibat Kelebihan Kalori Bagi Tubuh

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Cara Diet Yang Tepat Untuk Pria , Gerakan Senam Yang Menurunkan Berat Badan , Pantangan Diet Diabetes , Cara Diet Untuk Penderita Diabetes , Pantangan Diet Teh Hijau , Manfaat Teh Hitam Untuk Diam , Jenis Teh Penurun Berat Badan , Cara Mengurangi Berat Badan Dengan Cepat , Jenis Olahraga Yang Menurunkan Berat Badan Cara Membakar Lemak Di Paha , Cara Diet Dengan Mentimun , Cara Diet Dengan Buah Melon , Akibat Kelebihan Kalori Bagi Tubuh , Makanan Rendah Kalori Yang Mengenyangkan

Akibat Kelebihan Kalori Bagi Tubuh

Kebanyakan orang Indonesia menganggap belum makan jika belum ada nasi di dalam piringnya. Meski sudah makan roti atau mie sebelumnya, tapi kalau belum bertemu nasi, rasanya masih ada yang kurang. Kebiasaan ini tanpa disadari membuat kita terlalu banyak makan karbohidrat. Memang, tubuh perlu karbohidrat sebagai sumber energi utama. Namun, tahukah Anda apa saja dampak yang terjadi akibat kelebihan karbohidrat?. Beriut ini kami akan memberitahukan anda apasaja Akibat Kelebihan Kalori Bagi Tubuh :

  1. Meningkatknya kadar kolestrol

Kalori berlebihan yang dihasilkan, terutama dari karbohidrat sederhana berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat yang bisa menjadi awal timbulnya berbagai macam penyakit. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan dan penurunan kadar gula dalam tubuh secara signifikan dalam waktu yang cepat dan juga melambatnya metabolisme tubuh akibat kelebihan kalori.

Maka dari itu, para ahli menganjurkan agar lebih baik mengkonsumsi makanan rendah kalori dan karbohidrat supaya tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Berat Badan sulit turun

Mengkonsumsi makanan mengandung kalori yang tinggi secara berlebihan bisa membuat kaloti tersebut menumpuk menjadi lemak dan tentu bisa menambah berat badan. Salah satu zat gizi yang menyumbang kalori yang paling besar adalah karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana.

Kebiasaan mengkonsumsi kalori secara berlebihan setiap hari, terlebih jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik bisa salah satu penyebab berat badan sudah turun padahal sudah diet. Maka dari itu untuk menurunkan berat badan ini selain dengan menghindari atau mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi, imbangi juga dengan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan.

  1. Rentan terkena penyakit

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kelebihan kalori yang menumpuk di tubuh bisa menjadi salah satu sumber penyakit. Salah satu akibat kalori yang menumpuk tersebut bisa menaikkan kadar gula darah dan bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes.

  1. Mood mudah berubah dan gampang stress

Kadar gula darah yang tidak stabil akibat kelebihan kalori tersebut juga bisa memicu perubahan mood dan juga bisa menimbulkan frustasi. Tentu dampak perubahan mood dan stress ini juga bisa juga mempengaruuhi kondisi kesehatan tubuh kita dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

  1. Sering merasa lapar

Salah satu dampak lainnya akibat kelebihan kalori dalam tubuh yang juga bisa kita rasakan  adalah menjadi mudah atau sering merasa lapar. Hal ini bisa terjadi karena dampak dari perubahan kadar gula yang tidak stabil akibat kelebihan kalori tersebut seakan memberi sinyal bahwa tubuh kita merasa lapar.

Maka dari itu dibandingkan dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai sumber karbohidrat kompleks seperti gandum yang merupakan salah satu makanan rendah kalori yang mengenyangkan karena mempunyai serat yang bisa membuat tubuh kenyang lebih lama dan lebih menyehatkan tentunya.